Debatbola.comErnesto Valverde sebenarnya punya prestasi yang tak terlalu buruk selama di Barca. Total empat piala diraihnya, dua merupakan trofi Liga Spanyol. Akan tetapi itu tak cukup bagi manajemen Barca untuk terus mempertahankannya, khususnya setelah tersingkir di Piala Super Spanyol, kalaih dari Atletico Madrid.

Valverde pun menerima keputusan manajemen Barca yang mendepaknya dengan hati terbuka. Dalam surat perpisahannya untuk para suporter Barca, ia mengaku bahwa belakangan ia mengalami masa sulit sehingga penampilan Barca tak sesuai harapan.

“Teruntuk fans Barca. Waktuku sebagai pelatih Barcelona telah berakhir. Ini jadi musim yang intens dalam 2,5 tahun terakhir. Dalam masa tersebut aku merasakan momen kebahagiaan saat meraih kemenangan dan gelar-gelar juara, tapi aku juga mengalami masa sulit.”

Kekalahan dari Atletico Madrid memang menunjukkan bahwa Barca saat itu merupakan Blaugrana yang sedang kesusahan untuk menang. Empat laga sebelum itu, Barca hanya menang sekali, imbang tiga kali. Kesempatan untuk menjauhkan diri dari kejaran Real Madrid di La Liga pun pupus; kini kedua kesebelasan sama-sama berada di peringkat teratas dengan poin sama.

Tapi meski harus berpisah di saat Barca sebenarnya masih berpeluang juara di banyak kompetisi, Valverde tak sedikitpun menaruh dendam. Bahkan ia tetap memberikan dukungan pada pelatih anyar Barca, Quique Setien, untuk bisa segera memberikan prestasi untuk Barcelona.

“Aku juga ingin berterima kasih pada semua pemain atas kerja kerasnya sehingga kita bisa meraih empat gelar juara bersama. Tapi mulai hari ini, aku hanya bisa berharap Barca dinaungi keberuntungan untuk bisa menjadi klub terbaik dunia, juga untuk Quique Setien. Semoga semuanya mendapatkan prestasi terbaik. Visca Barca dan Visca Katalunya,” tutup Valverde. 

Dengan pengalaman di Barca, juga Athletic Bilbao sebelumnya, rasanya Valverde tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan klub baru. Apalagi ia pergi bukan karena Barca terseok-seok dan tanpa prestasi, ia dipecat hanya karena Barca punya target dan ekspektasi yang sangat tinggi sebagai salah satu kesebelasan terbaik di dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here