Sukses Cukur Turki, Berikut Fakta Menarik Timnas Italia

0
127
Sukses Cukur Turki, Berikut Fakta Menarik Timnas Italia

Debatbola.com – Laga perdana EURO 2020 telah sukses diselenggarakan. Olimpico Roma, venue perhelatan turnamen internasional terakbar sejagat Eropa ini telah sukses menggelar partai perdana. Tuan rumah, Italia sukses mencukur bersih skuat timnas Turki dan meninggalkan mereka tertunduk lesu.

Timnas Italia yang diambil alih oleh Roberto Mancini pada Mei 2018 silam langsung unjuk gigi dalam gelaran EURO 2020 ini. Faktor sakit hati lantaran tidak lolos kualifikasi Piala Dunia 2018 menjadi alasan utama.

Roberto Mancini terkenal karena kiprahnya bersama Manchester City pada musim 2009/2010 hingga 2012/2013. Maka dari itu pihak federasi sepakbola Italia memutuskan untuk memilihnya sebagai pengganti Luigi Di Bagio. Sang pelatih pun lantas langsung berinisiatif untuk merubah tim.

Fakta Menarik Timnas Italia

Selepas laga melawan timnas Turki, mata seluruh pengamat sepakbola langsung melihat adanya sinar terang yang dipancarkan timnas Italia. Tak tanggung-tanggung total gelontoran tiga gol mewarnai hasil laga perdana itu.

Peran dari juru taktik Timnas Italia, Roberto Mancini di skuat ini begitu sangat penting. Selain itu juga ada beberapa fakta-fakta menarik yang datang dari tim yang berjuluk Gli Azzurri ini, apa saja itu? Berikut akan diulas:

Memutuskan Tren Positif Timnas Turki

Timnas Turki yang tampil cukup solid dengan defensive yang mengagumkan pada gelaran kualifikasi EURO itu sukses diporak-porandakan timnas Italia. Tim yang berjuluk Ay-Yıldızlılar hanya kebobolan tiga gol saja dalam kualifikasi pada tahun 2019 tersebut.

Bahkan sang juara grup H, timnas Prancis harus kebobolan enam gol, padahal mereka menjadi jawara grup. Namun timnas Turki kurang beruntung karena memiliki selisih dua poin setelah dua kali imbang melawan Prancis dan Islandia.

Selain itu dalam gelaran World Cup Qualification, Timnas Turki juga tampil begitu impresif. Kali ini mereka diperkuat oleh striker haus gol yang kembali menemukan sentuhan terbaiknya, Burak Yilmaz. Dirinya juga sukses membawa klubnya, LOSC Lille meraih gelar domestik musim ini.

Tampil melawan salah satu tim kuat di grup G World Cup Qualification, Belanda mereka sukses menambang poin penuh. Pada pertandingan yang berakhir dengan skor 4-2 itu Burak Yilmaz menyumbangkan hattricknya.

Namun dalam pertandingan melawan timnas Italia, peran Burak Yilmaz seperti dimatikan oleh barisan pertahanan skuat Gli Azzurri. Duet Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci sukses mengamankan pertahanan mereka.

Hanya Diisi 4 Pemain Yang Bermain Di Luar Negeri

Timnas Italia yang dikoordinir oleh Roberto Mancini ini hanya memasukkan empat pemain yang bermain di luar negeri di timnya. Memang jarang melihat pemain Italia yang berkarir di luar negeri, melainkan hanya ada segelintir pemain saja.

Negara yang terletak di jantung laut Mediterania ini memang dikenal dengan pemainnya yang lebih senang bermain di liga domestik negaranya. Dimana liga domestiknya dikenal dengan nama Serie A, yang setiap musimnya memperebutkan gelar scudetto.

Seperti yang tertera di atas dari 26 daftar pemain itu, Roberto Mancini hanya membawa empat pemain yang bermain luar negeri. Mereka adalah dua pemain Chelsea yakni bek kiri, Emerson dan gelandang bertahan, Jorginho.

Setelah Chelsea ada dua pemain asal ibukota Prancis, Paris Saint-Germain yang bermain di Ligue 1. Kedua pemain itu adalah bek kanan, Alessandro Florenzi dan gelandang tengah berusia 28 tahun, Marco Verratti.

Pada partai pembuka melawan timnas Turki, Roberto Mancini hanya menurunkan dua pemain saja dari antara keempat pemain tersebut. Mereka adalah bek kanan, Alessandro Florenzi dan gelandang bertahan, Jorginho.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here