Sudah Resmi Dibuka, Jokowi Batal Hadir Di Pembukaan Piala Presiden 2022

0
31

Debatbola.com – Kompetisi pramusim bertajuk Piala Presiden 2022 yang ditunggu-tunggu kini resmi dibuka. Tepat pukul 14.30 di hari Sabtu tanggal 11 Juni, pembukaan kompetisi itu dilakukan di kota Solo. Sederet bintang tamu yang merupakan artis Indonesia turut memeriahkan pembukaan Piala Presiden tahun 2022 kali ini.

Pembukaan kompetisi pramusim itu dilakukan Zainudin Amali selaku Menpora ditemani Mochamad Iriawan. Hal tersebut tentu menjadi sorotan karena berdasarkan rencana awal, Presiden Jokowi yang akan membuka Piala Presiden di tahun ini. Rupanya Jokowi tidak bisa hadir dalam pembukaan itu sehingga digantikan oleh Menpora.

Presiden Jokowi Batal Hadir
Berdasarkan pengumuman yang disampaikan langsung oleh PSSI melalui laman resminya, Piala Presiden tahun ini akan dibuka langsung oleh Jokowi. Sang Presiden akan hadir langsung di Stadion Manahan yang terpilih sebagai venue untuk pembukaan. Namun hingga acara dimulai, Bapak Presiden RI tersebut tak nampak di venue acara.

Karena ketidakhadiran Presiden Jokowi dalam pembukaan tersebut, Zainudin Amali kemudian menggantikan tugas untuk membuka acara. Penunjukan sang Menpora kabarnya juga atas permintaan Bapak Presiden RI itu. Ditemani oleh Mochamad Iriawan, kompetisi Piala Presiden 2022 resmi dibuka tepat pukul 14.30.

Sewaktu membuka acara, Zainudin Amali juga membeberkan alasan utama Jokowi batal menghadiri pembukaan kompetisi itu. Alasan utama dikarenakan Bapak Presiden tengah memiliki jadwal yang sudah diagendakan sejak lama. Untuk itulah Sang Presiden RI mengutus Menpora untuk menggantikannya.

Dalam sambutannya, Zainudin Amali juga mengatakan jika pemerintah memberikan apresiasi yang sangat besar untuk pihak yang terlibat dalam turnamen pramusim kali ini. Zainudin juga memberikan himbauan pada para suporter yang akan hadir di lapangan. Para suporter diharuskan mematuhi peraturan yang ada dikarenakan pandemi di Indonesia belum sepenuhnya berakhir.

Sederet Bintang Tamu Yang Hadir
Pihak penyelenggara Piala Presiden 2022 memang menjanjikan pembukaan yang cukup meriah. Karena hal itulah, berbagai macam hiburan dipertunjukkan dalam rangkaian acara pembukaan tersebut. Tidak tanggung-tanggung, beberapa artis ibukota terlihat memeriahkan pembukaan Piala Presiden tahun ini.

Berdasarkan informasi yang beredar salah satu band kenamaan Indonesia yaitu Gigi tampil di acara pembukaan itu. Dua pedangdut Jenita Janet serta Ghea Youbi juga ikut memeriahkan acara hiburan. Tak mau ketinggalan, Tarian Jaranan Solo Masal yang merupakan kesenian khas kota Solo juga ikut ditampilkan.

Demi kelancaran acara, Kapolda Jawa Tengah yang kini dijabat oleh Ahmad Luthfi telah menyiapkan keamanan sebanyak 3 lapis. Setiap lapisan keamanan akan ditempatkan di pintu menuju stadion, 4 pintu masuk dan 12 pintu menuju tribun. Sebanyak 850 personil gabungan diturunkan dalam pertandingan tersebut.

Antusiasme Penonton
Pasca pembukaan, acara kemudian dilanjutkan pada laga perdana di Piala Presiden tahun ini dengan Persis Solo melawan PSS Sleman. Pertandingan perdana tersebut juga akan dilaksanakan di Stadion Manahan. Untuk laga pembuka ini, stadion Manahan hanya akan diisi oleh suporter sebanyak 75% dari kapasitas asli.

Menyambut pertandingan tersebut, antusiasme dari para penonton sangatlah tinggi terlebih dengan ada pembatasan tiket. Bahkan antrian para suporter sudah terlihat memenuhi area luar stadion sejak satu jam sebelum pertandingan dimulai. Sebelum pertandingan dimulai, Pasoepati juga terlihat menyanyikan lagu satu jiwa.

Pertandingan antara Persis Solo dan PSS Sleman memang merupakan pertandingan resmi pertama yang dihadiri penonton. Tidak heran jika antusiasme dari para suporter cukup tinggi mengingat sangat lama tidak melihat langsung klub kebanggaannya bermain. Bahkan kabarnya tiket langsung sold out dalam waktu singkat.

Laga kontra Persis Solo dan PSS Sleman yang dimulai pukul 16.00 WIB tersebut berlangsung cukup sengit. Namun hingga akhir pertandingan tidak ada skor yang tercetak oleh masing-masing klub. Skor 0-0 kemudian tercatat sebagai hasil akhir di pertandingan perdana di Piala Presiden tahun 2022 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here