Strategi Defensif Berjalan Baik, PSM Melaju ke Semifinal

0
Strategi Defensif Berjalan Baik, PSM Melaju ke Semifinal
Sumber : https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2021/04/10/psm-makassar-melaju-ke-semifinal-piala-menpora-1_169.jpeg?

Debatbola.comTak ada satu gol pun tercipta pada pertandingan antara PSIS vs PSM dalam lanjutan Piala Menpora 2021. Pertandingan bertajuk babak perempat final itu berkesudahan 0-0 hingga wasit meniupkan peluit tanda waktu normal berakhir. 

Pertandingan kemudian ditentukan lewat adu penalti. Ternyata PSM berhasil keluar sebagai pemenang. Keempat penendang penalti PSM mampu menjebol gawang PSIS, sementara dua eksekutor penalti PSIS gagal. 

Pelatih PSM, Syamsuddin Batolla, mengakui bahwa timnya memang mencari aman pada laga tersebut. Bahkan skor imbang tanpa gol itu merupakan siasatnya untuk meredam serangan PSIS. 

“Memang kami menginstruksikan untuk bermain bertahan. Tapi saya juga mempersiapkan counter attack, itu yang menjadi fokus kami,” kata Syamsuddin.

Strategi bertahan dipilih Syamsudin lantaran PSIS menjadi kesebelasan yang terbilang produktif pada babak grup. Total 9 gol mereka cetak dari tiga pertandingan, artinya PSIS memiliki rataan tiga gol per pertandingan.

Soal kemenangan adu penalti pun merupakan bagian dari persiapan yang dilakukan PSM. Mereka sudah berlatih adu penalti bahkan sebelum Piala Menpora bergulir. Tak heran semua eksekutor PSM mampu melakukan tugasnya dengan baik

“Untuk adu penalti memang kami sudah persiapkan jauh-jauh hari, sejak dari Makassar sampai di sini lagi, kalau sampai terjadi adu penalti kami sudah siapkan siapa saja penendangnya,” ungkap Syamsuddin.

Syamsudin sendiri tak menyangka timnya bisa melaju ke babak semifinal. Sebelum Piala Menpora bergulir, PSM digoncang masalah internal yang membuat para pemain bintang hengkang. 

Masalah itu juga yang membuat PSM tak menggunakan jasa pemain asing pada Piala Menpora 2021 ini. Maka dari itu, masuk empat besar menjadi pencapaian gemilang bagi skuad berjuluk Juku Eja tersebut. 

“Pertama-tama saya mengucapkan syukur alhamdulillah tim kami lolos ke semifinal yang tadinya dianggap sebagai underdog atau tim kuda hitam. Tapi tim kami bekerja keras dan disiplin, itu yang mereka perlihatkan di lapangan.”

Di babak empat besar, PSM akan menghadapi Persija. Macan Kemayoran melaju ke semifinal setelah menang tipis atas Barito Putera, 1-0.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version