Stoke Mengakhiri Puasa Kemenangan dan Memperdalam Masalah Rooney di Birmingham

0
75

Debatbola.com – Stoke berhasil mengakhiri rentetan kesialan mereka dalsam sembilan pertandingan terakhir dengan kemenangan 3-1 atas Birmingham di Championship, yang semakin memperburuk keadaan manajer Wayne Rooney di St Andrew’s.

Kemenangan bagi The Potters, yang dicetak oleh Jordan Thompson, Lynden Gooch, dan Andrew Vidigal sebelum gol hiburan Jay Stansfield di menit akhir, merupakan kemenangan perdana bagi manajer baru, Steven Schumacher, dalam pertandingan keduanya memimpin tim. Ini juga merupakan kemenangan pertama Stoke sejak mereka mengalahkan Middlesbrough 2-0 pada 28 Oktober.

Rooney, mantan kapten Inggris dan Manchester United, hanya bisa menatap dengan iri pada rekor impresif mantan rekan setimnya di tim muda Everton. Rooney sekarang hanya berhasil mengumpulkan sembilan poin dari 39 poin yang tersedia, sementara Birmingham dihujani kritikan dari para pendukung. Stansfield mengalami dua kesempatan yang frustrasi saat Birmingham mencoba tampil dominan sejak awal.

Namun, Stoke membuat kejutan di St Andrew’s dengan membuka keunggulan setelah hanya 12 menit. Tendangan dari kapten Gooch yang mengarah ke gawang berhasil dicegah oleh Emanuel Aiwu setelah umpan silang dari Vidigal melewati kotak penalti Birmingham. Namun, bola jatuh begitu pas untuk Thompson, yang melepaskan tembakan keras dari jarak 25 yard yang mengenai Juninho Bacuna sebelum berakhir di sudut kanan bawah gawang, tanpa bisa diantisipasi oleh kiper John Ruddy.

Birmingham berusaha keras untuk mencari celah dalam pertahanan Stoke. Decak kagum bergema dari para pendukung tuan rumah yang frustrasi ketika Vidigal melepaskan tembakan melambung pada menit ke-30, menyia-nyiakan peluang emas setelah barisan belakang Birmingham kembali kehilangan konsentrasi.

Suasana di St Andrew’s semakin membeku hanya satu menit kemudian ketika Gooch melesat cepat di sisi kiri dalam serangan kilat, sebelum dengan tenang melepaskan tembakan yang menjebol gawang Ruddy, menggandakan keunggulan Stoke. Suasana semakin memanas ketika James nyaris berhasil menyontek bola hasil umpan brilian Aiwu menjelang akhir babak pertama.

Namun, Vidigal hampir menambah keunggulan Stoke menjadi tiga pada menit-menit terakhir babak pertama, tetapi sundulannya melambung tinggi di atas mistar, meskipun Ruddy sudah jauh meninggalkan garis gawang. Marc Roberts menyia-nyiakan peluang emas untuk memperkecil ketertinggalan saat sundulannya dari umpan lambung Bacuna melenceng dari sasaran hanya dari jarak lima yard.

Harga yang harus dibayar oleh Birmingham semakin mahal ketika Stoke membuatnya 3-0 pada menit ke-54. Wouter Burger memberikan umpan terobosan kepada Vidigal, yang berhasil melewati kawalan kapten Dion Sanderson sebelum mengangkat bola melambung di atas Ruddy, mengejutkan para pendukung tuan rumah yang tergesa-gesa meninggalkan tribun.

Pendukung Stoke menyanyikan yel-yel “You’re getting sacked in the morning” (Anda akan dipecat besok pagi) mengolok-olok Rooney, sementara Birmingham kesulitan memberikan perlawanan yang nyata. Ruddy berhasil menggagalkan usaha dari Ryan Mmaee sebelum Birmingham akhirnya memperoleh gol hiburan pada menit ke-69 melalui Stansfield.

Pemain pengganti muda, Romelle Donovan, 17 tahun, hampir mencetak gol untuk Birmingham, namun usahanya berhasil digagalkan oleh kiper Jack Bonham setelah aksinya yang brilian. Bola yang lepas kemudian disambar oleh Stansfield untuk membawa kelegaan bagi tuan rumah, meskipun tidak cukup untuk mengubah nasib buruk mereka di pertandingan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here