Sriwijaya FC Raih Kemenangan Susah Payah, Ini Penyebab Kekalahan Tim Lawan

0
47

Debatbola.com – Sriwijaya FC, menoreh kemenangan tipis atas Persiba Balikpapan dalam laga pembuka Grup X babak 8 besar Liga 1 Indonesia 2021 pada Rabu, 15 Desember 2021. Diketahui bahwa Persiba Balikpapan ini berhasil mencetak gol dengan cepat.

Yogi Novrian berhasil membobol gawang Sriwijaya FC ketika pertandingan baru genap bergulir tiga menit. Gol ini berhasil mengubah segalanya. Hal ini lantaran Sriwijaya FC Nampak begitu tertekan, sementara Persiba dengan asyik menguasai permainan selama hampir 30 menit. Meski demikian, mentalitas pemain lini belakang Laskar Wong Kito kembali bangkit lagi.

Sriwijaya Menang dengan Susah Payah

Sriwijaya FC telah berhasil membalas di penghujung babak pertama berkat gol Hari Habrian pada menit ke-45. Memasuki babak kedua, penyerang baru, Sunawan mengantarkan timnya meraih kemenangan. Sunawan mencetak golnya pada menit ke-71. Sebuah kemenangan yang menguras mental dan stamina, sebagaimana telah diakui pelatih Sriwijaya FC, Nilmaizar.

Semua ini bisa didapatkan lantaran kerja keras dan kesabaran dari para pemain. Tertinggal lebih dulu ketika permainan baru berjalan tiga menit memang bukan hal yang mudah. Namun, pemain tidak panik dan tetap dalam keadaan tenang.

Nur Iskandar dan rekan-rekannya begitu sabar sepanjang pertandingan, hingga akhirnya berhasil mencetak dua gol. Nilmaizar mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur bisa mendapatkan tiga poin. Timnya bermain dengan hati yang sabar, tidak emosional dan penuh dengan keyakinan serta tekad yang kuat.

Eks pelatih Persela Lamongan ini menambahkan bahwa dengan kemenangan ini, dirinya berharap pemain Sriwijaya FC tetap membumi dan tidak tinggi hati lantaran perjalanan yang masih panjang. Nilmaizar juga turut menyoroti gol cepat Persiba Balikpapan yang terjadi lantaran anak asuhnya sempat kehilangan fokus.

Kubu lawan memanfaatkan kondisi itu dan mencetak satu gol di awal babak pertama. Nilmaizar mengatakan bahwa tidak hanya saat gol cepat para pemain hilang fokus, tetapi setelahnya juga. Namun, dirinya bersyukur mereka bisa menemukan kembali sentuhan terbaiknya dan keluar dari tekanan Persiba.

Penyebab Kekalahan Persiba Balikpapan

Sementara itu, Persiba Balikpapan telah gagal mempertahankan keunggulan dari Sriwijaya FC dalam laga perdana Grup X . Meski unggul 1-0 melalui gol cepat pemain sayap Yogi Novrian dan berhasil menguasai pertandingan babak pertama, Beruang Madu justru mengalami keok dengan skor akhir 1-2.

Pelatih Persiba, Fakhri Husaini menyebutkan bahwa penurunan performa timnya di lapangan hijau ini disebabkan oleh ditarik keluarnya gelandang Nugroho Fatchur pada menit ke-28. Fakhri Husaini mengatakan bahwa Nugroho mengalami cedera pergelangan kaki sehingga harus ditarik ke luar lapangan.

Setelah ditariknya Nugroho sang creator lini tengah, Persiba justru melempem. Serangan yang awalnya cukup membuat Sriwijaya kewalahan perlahan mengendur. Bahkan tim lawan pun akhirnya berhasil mencetak gol penyeimbang hingga menjelang turun minum.

Fakhri mengatakan bahwa pergantian pemain di lini tengah mempengaruhi performa tim. Awalnya pergerakan Nugroho sangatlah luas, tapi memang semua itu berisiko. Resiko tersebut ialah pemain cepat beradaptasi atau malah memengaruhi permainan tim.

Ketika tekanan Persiba Balikpapan menurun, Sriwijaya FC mampu mengambil alih dan mengembangkan permainan. Kesalahan marking menambah deretan kelam anak asuh Fakhri Husaini di laga ini. Mantan pelatih timnas Indonesia U-16 itu mengatakan bahwa apa yang diperlihatkan tim lawan itu adalah permainan yang bagus.

Mereka menambah pemain baru dan bermain semakin bagus. Persiba Balikpapan pun mendatangkan pemain anyar seperti Muhammad Fayrushi, Gideon Marcel, Faldi Adestama dan Fauzan Jamal. Dalam sesi latihan ataupun pertandingan mereka memang sudah maksimal.

Fakhri Husaini mengatakan bahwa pihaknya sudah cukup puas dengan pemain baru. Mereka baru saja bergabung 3-4 hari dan bisa adaptasi sesuai dengan harapan. Kalau ada kesalahan kecil baginya itu adalah hal yang normal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here