Spanyol Umumkan Skuad Euro 2020, Tak Ada Nama Sergio Ramos

0
348
Sergio Ramos

Debatbola.com – Menjelang bergulirnya kompetisi Euro 2020, timnas Spanyol telah mengumumkan nama-nama pemain yang akan mereka bawa. Dalam pengumuman skuad Euro La Furia Roja, terdapat banyak kejutan. Salah satunya adalah absennya sang kapten Tim Matador yang juga menjadi kapten Real Madrid, Sergio Ramos.

Dicoret Setelah Lama Bela Spanyol

Musim 2020/2021 bisa menjadi musim terakhir Sergio Ramos berkostum Real Madrid. Sayangnya, musim 2020/2021 juga sepertinya sudah menjadi musim terburuk untuk bek andalan Los Blancos itu. Kontrak di Real Madrid berakhir, tidak ada gelar juara, hingga yang terkini, Ramos tak termasuk ke dalam tim Spanyol di yang akan dibawa ke Euro 2020.

Sepanjang musim 2020/2021, Ramos memang kerap berurusan dengan permasalahan cedera. Rentetan cedera yang dialami Ramos membuat defender berumur 35 cuma bermain sekali terhitung sejak bulan Maret kemarin. Secara keseluruhan, Ramos juga terhitung bermain 21 kali bareng Real Madrid di seluruh kompetisi.

Rentetan cedera yang dialami Ramos juga sepertinya telah membuatnya dicoret dari daftar tim Euro 2020 Spanyol. Ramos tercatat telah memperkuat Spanyol sejak tahun 2005. Artinya, setelah sekitar 17 tahun membela Tim Matador, kini ia tak mendapat kepercayaan untuk tampil di turnamen besar sekelas Euro 2020.

Dalam beberapa pertandingan terakhir Spanyol, jumlah menit bermain Ramos memang terlihat sudah mulai menurun. Ramos sejatinya mendapat kesempatan bermain di laga kualifikasi World Cup melawan Yunani dan Kosovo di bulan Maret. Namun sejak saat itu, Ramos tercatat hanya tampil sekali, baik di level internasional, maupun di level klub.

Dalih Enrique dan Komentar Ramos

Selaku juru taktik, Luis Enrique jelas merupakan orang yang bertanggungjawab atas absennya Ramos dalam tim Euro 2020 Spanyol. Pada sesi konferensi pers, Enrique pun membeberkan alasan mengapa ia tak membawa Ramos. Enrique berpendapat Ramos absen karena sang defender punya masalah kebugaran.

“Saya tak membawa Ramos karena dia tidak dapat mencatatkan banyak penampilan di musim ini. Apalagi sejak Januari, dia tidak cukup bugar, dan ia juga beberapa kali tak bisa berlatih bersama teman-teman di klubnya.” Tutur Enrique pada acara konferensi pers tersebut.

“Ini jelas merupakan keputusan yang tak mudah, tapi saya telah menemuinya kemarin malam (Minggu), dan kami telah berbincang dengan alot dan sulit. Saya merasa tidak enak padanya karena dia merupakan orang yang selalu tampil bagus untuk tim. Tapi itu saya lakukan demi kebaikan timnas dan seluruh tim.”

Ramos, di sisi lain menganggap bahwa pencoretan dirinya dari tim Spanyol adalah hal yang menyakitkan. Kendati demikian, Ramos tetap akan mendukung negaranya berlaga di gelaran Euro 2020 mendatang. Ia juga berharap bisa segera sembuh dari cedera supaya bisa memperkuat La Furia Roja lagi.

“Menyakitkan tak bisa menolong tim dan tak bisa memperkuat Spanyol, tapi sekarang, hal terbaik yang bisa saya lakukan adalah pulih dan kembali lagi tahun depan.” Tulis Ramos di akun media sosialnya. “Rasanya sakit tak bisa membela negara anda, tapi saya harap kawan-kawan saya meraih hasil terbaik di Euro

Banyak Kejutan dalam Pemilihan Skuad

Pemilihan skuad timnas Spanyol untuk turnamen Euro 2020 memang mampu menghadirkan beberapa kejutan. Spanyol sejatinya diperkenankan membawa maksimal 26 pemain di turnamen final mendatang, seperti halnya kontestan lain. Namun Enrique merasa bahwa 24 pemain saja sudah cukup.

Selain mencoret Ramos, Enrique juga memberikan kejutan dengan memanggil Aymeric Laporte yang baru saja pindah ke Spanyol dari Prancis. Enrique juga memanggil kapten Chelsea, César Azpilicueta yang sudah lama tak memperkuat Spanyol. Sementara pemain-pemain debutan seperti Pedri dan Bryan Gill juga ikut serta ke dalam skuad.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here