Sosok Mourinho di Mata Marco Materazzi

Debatbola.com – Marco Materazzi adalah seorang bek tengah yang sepanjang kariernya bergelimang prestasi. Di Internazionale Milan, total 15 gelar juara berhasil diraih pemain berjuluk The Matrix tersebut. Materazzi juga jadi bagian dari skuad Tim Nasional Italia yang menjuarai Piala Dunia 2006.

Tapi dalam sepanjang karier Materazzi, terdapat satu sosok pelatih yang paling dikaguminya: Jose Mourinho. Keduanya memang pernah bekerja sama di Inter pada periode 2008 hingga 2010.

Menurut Materazzi, Mourinho lebih dari sekadar pelatih. Bahkan karena Mourinho juga ia menunda masa pensiunnya selama satu tahun.

“Mourinho adalah perisai, teman, ayah, sekaligus kakak. Dia juga mengomeli kami, benar-benar memberi kami teguran keras. Dia tahu mana yang harus ditekan dan Anda lihat hasilnya,” tutur Materazzi seperti dikutip Football Italia.

“Pada dasarnya aku sudah ingin berhenti bermain sepakbola setelah sukses bersamanya, karena hubungan yang kami punya adalah kepercayaan dan respek. Aku tahu aku mungkin hanya butuh main sekali lagi, tapi dia menghormatiku seperti aku respek padanya.”

Materazzi berhasil membawa Inter meraih Treble bersama Mourinho. Pencapian itu jadi satu-satunya di Italia karena tidak ada satu pun klub Italia lain yang bisa mengawinkan gelar juara Liga Champions, Serie A, dan Coppa Italia.

Namun Materazzi pensiun dengan momen yang kurang bahagia. Mou pergi, Rafael Benitez datang. Materazzi pun langsung melihat perbedaan besar antara Mou dengan pelatih lain, khususnya dengan Benitez.

“Konsistensi adalah yang paling penting dan Mourinho konsisten. Dia melakukan apa yang ingin dia lakukan. Orang-orang bilang aku marah dengan penggantinya (Rafa Benitez), tapi kami tak cocok karena dia tidak konsisten.” 

Setelah pensiun pada 2011, Materazzi sebenarnya sempat kembali bermain pada 2014 dengan membela kesebelasan India, Chennaiyin FC. Bermain satu musim, ia sempat melanjutkan karier sebagai pemain sekaligus pelatih bersama Chennaiyin FC hingga 2016. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here