Debatbola.com – Erling Haaland menjadi milik Borussia Dortmund pada bursa transfer musim dingin lalu. Penyerang asal Norwegia itu direkrut dari RB Salzburg dengan nilai transfer 20 juta euro.

Saat itu, Erling Haaland memang menjadi penyerang yang diinginkan semua kesebelasan, khususnya kesebelasan-kesebelasan besar. Hal itu diakui oleh mantan penyerang Tim Nasional Norwegia, Jan Age Fjortoft.

“Dia [Haaland] pemain luar biasa. Aku bermain dengan ayahnya, di mana ini membuatku sangat tua. Mereka merencanakan karier Haaland dengan sangat baik,” kata Fjortoft pada ESPN FC. “Dia datang dari klub di Norwegia bernama Bryne, lalu dia pindah ke Molde di mana itu klub terbaik di Norwegia untuk mengembangkan pemain muda, dengan Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer.”

“Dia mendapatkan tawaran dari seluruh Eropa termasuk dari Juventus, di mana itu sebetulnya bukan tempat yang jelek juga untuk melanjutkan karier. Tapi kemudian mereka memutuskan untuk ke Red Bull Salzburg karena klub itu dianggap tepat untuk mengembangkannya. Dia kemudian melakukan hal luar biasa di Liga Champions.”

Fjortoft juga memuji keputusan Haaland yang lebih memilih bergabung ke Dortmund karena mementingkan perkembangan talentanya. Apalagi Fjortoft tahu bahwa sebetulnya ada tawaran serius dari Manchester United yang dilatih oleh Solskjaer.

“Dia diinginkan oleh semua klub dari seluruh penjuru. Ole Gunnar Solskjaer memaksa dirinya naik jet pribadi untuk pergi ke Salzburg agar bisa berbicara langsung dengannya terkait pindah ke Manchester United. Tapi dia memilih untuk ke Dortmund, di mana itu merupakan tempat terbaik untuk mengembangkan bakat.”

“Ingat, dia sekarang bermain dengan Sancho, Reus, Brandt dan pemain-pemain brilian yang bisa memaksimalkan talentanya di posisinya. Tradisi Dortmund mengembangkan pemain, Dortmund bisa membuatnya lebih hebat lagi.”

Setelah di Dortmund, kemungkinan besar Haaland akan mulai memilih klub raksasa mana yang akan ia pilih. Real Madrid menjadi klub yang paling dikaitkan dengan penyerang berusia 19 tahun tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here