Siapa Sih Yang Jadi Wasit Di Final Piala Dunia Qatar 2022?

0
46
Siapa Sih Yang Jadi Wasit Di Final Piala Dunia Qatar 2022

Debatbola.com – Piala Dunia Qatar tahun 2022 akan segera selesai karena sudah memasuki puncak kompetisi ini. Setelah pertandingan dimulai dari babak penyisihan yang melibatkan seluruh tim dalam memperebutkan status juara dunia, banyak drama pertandingan seru yang membuat kejutan di sepanjang pertandingan.

Semua pertandingan sampai saat ini bisa dibilang dalam kondisi yang aman dan adil bagi seluruh tim. Hal ini tidak terlepas dari semua orang yang menyukseskan ajang kompetisi ini, terutama wasit yang mengendalikan seluruh permainan dalam laga yang dilakukan antara dua tim. Tapi yang menjadi sorotan pada saat ini, siapa yang menjadi wasit di final Piala Dunia Qatar tahun 2022.

Szymon Marciniak merupakan pria yang sangat beruntung karena dipilih oleh FIFA untuk mengawasi pertandingan Final Piala Dunia Qatar tahun 2022. Pertandingan ini akan mempertemukan Argentina kontra Prancis, laga ini akan sangat seru karena prancis merupakan juara bertahan pada edisi sebelumnya.

Pria ini merupakan kewarganegaraan Polandia yang berlisensi FIFA sejak tahun 2011 sejak dia mulai berkarir di umur 21 tahun. Szymon Marciniak bergabung menjadi wasit di tahun 2006 serta menjalani karier wasit professional di liga teratas Polandia pada tahun 2009 di stadion GKS Belchatow.

Szymon Marciniak sudah menjalani laga sebanyak lebih 200 pertandingan di Ekstraklasa setelah dia pernah ditunjuk menjadi wasit kepala pada Final Piala Polandia 2016 dan juga Final Piala Super Polandia di tahun 2017. Pria berusia 41 tahun ini juga telah banyak mengawal pertandingan di internasional sejak ia terdaftar di FIFA, dia mengawasi jalan pertandingan dari laga klub sampai dengan kompetisi negara seperti Liga Champions yang mempertemukan FK Ventspils dengan Molde FK di tahun 2012.

Szymon Marciniak pernah juga mengawal pertandingan antara Real Madrid Dan Atletico Madrid saat di Final Piala Super UEFA tahun 2018. Kariernya sebagai wasit Piala Dunia juga sudah banyak dijalani seperti pada kualifikasi Piala Dunia yang mempertemukan Portugal dan Azerbaijan pada tahun 2014. Pada tahun 2018 dia memimpin 2 laga yang mempertemukan Argentina kontra Islandia serta Jerman saat menghadapi Swedia.

Szymon Marciniak terpilih menjadi salah satu wasit Piala Dunia Qatar pada tanggal 19 Mei 2022 serta di 15 Desember dia resmi menjadi wasit Final Piala Dunia Qatar antara Argentina menghadapi Prancis. Szymon Marciniak menjadi wasit asal Polandia yang pertama dalm memimpin Final Piala Dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here