Siap Lepas Ter Stegen, Barcelona Siapkan Ganti

0
150

Debatbola.com – Barcelona baru saja melalui pertandingan yang buruk karena berhasil dikalahkan telak oleh Bayern Munchen di Laga Liga Champions. Kekalahan tersebut membuat El Barca harus gagal masuk babak 16 besar. Xavi selaku pelatih akhirnya melakukan evaluasi besar-besaran pasca kekalahan tersebut.

Pemain yang dievaluasi baru-baru ini yaitu Marc-Andre ter Stegen yang merupakan kiper klub. Barcelona berencana menjualnya karena penurunan performanya akhir-akhir ini. Klub tersebut bahkan sudah menyiapkan ganti yaitu Unai Simon yang merupakan kiper milik Athletic Bilbao sekaligus kiper andalan Timnas Spanyol.

Ingin Lepas Ter Stegen

Marc-Andre ter Stegen bergabung dengan Barcelona tahun 2014 lalu dan berhasil menjadi kiper nomor satu hingga saat ini. Pemain Internasional Jerman tersebut telah berpartisipasi dalam 297 pertandingan yang diikuti oleh Barcelona di semua kompetisi. Total 120 clean sheet sudah dibukukan oleh Ter Stegen dari semua pertandingan itu.

Musim ini, performa Marc-Andre ter Stegen mulai mengalami penurunan. Pemain berusia 29 tahun itu harus berjuang dengan cedera yang dialaminya baru-baru ini yang membuat dirinya kesulitan berada dibawah mistar gawang. Dirinya semakin tersorot pasca pertandingan melawan Bayern Munchen beberapa waktu lalu yang membuat El Barca gugur di Liga Champions.

Penurunan performa tersebut membuat masa depan Ter Stegen menjadi tidak pasti di Barcelona. Kontrak kiper berusia 29 tahun itu memang masih akan berakhir tahun 2025 nanti, akan tetapi rumor kepergiannya terus mencuat, Kabarnya Barcelona memang berniat menjualnya di bursa transfer dalam waktu dekat.

Xavi memang tengah melakukan evaluasi besar-besaran terhadap skuad yang dimilikinya pasca kekalahan di babak penyisihan klub Liga Champions. Beberapa pemain yang dianggap kurang menguntungkan klub akan dijual di bursa transfer yang akan datang. Nama Marc-Andre ter Stegen rupanya masuk dalam daftar penjualan itu.

Bukan hanya sang kiper yang masuk dalam daftar penjualan, nama Frenkie de Jong dan Sergino Dest juga masuk dalam daftar penjualan. Ketiga pemain tersebut memang termasuk pemain yang kerap mendapat kritikan akhir-akhir ini karena penampilannya. Perombakan besar-besaran tersebut dilakukan Xavi untuk membuat Barcelona memasuki era baru yang lebih baik.

Incar Unai Simon Sebagai Pengganti

Berniat melepas sang kiper andalan membuat Barcelona harus segera menyiapkan ganti agar posisi dibawah mistar tidak mengalami kekosongan. El Barca kabarnya mengincar Unai Simon yang merupakan kiper milik Athletic Bilbao. Tim Catalan berniat mendatangkan kiper berusia 24 tahun itu musim panas nanti.

Barcelona awalnya dikaitkan dengan Andre Onana yang merupakan kiper milik Ajax Amsterdam sebagai pengganti Ter Stegen. Sayang sekali Inter Milan kini paling terdepan dan berkesempatan mendapatkan Onana. El Barca kini mengalihkan haluannya pada Unai Simon karena peluangnya lebih besar dan kemampuan yang tidak kalah hebat dibandingkan Andre Onana.

Pemilihan Unai Simon sebagai pengganti Ter Stegen bukanlah pilihan yang salah. Pemain berusia 24 tahun tersebut memiliki catatan yang gemilang di Athletic Bilbao dan mampu mengukuhkan posisinya sejak awal dipromosikan di tim utama. Total 33 clean sheet sudah dibukukan Simon dari 107 penampilannya di bersama klub tersebut.

Bukan hanya mampu tampil bagus di level klub saja, Simon juga mampu tampil bagus bersama Timnas Spanyol. Unai Simon bahkan mampu menggeser posisi David de Gea yang selama ini menjadi kiper utama Timnas. Pemain berusia 24 tahun tersebut kini menjadi pilihan utama La Furia Roja di setiap pertandingannya.

Kontrak Unai Simon memiliki kontrak panjang dengan Athletic Bilbao dan baru akan berakhir tahun 2025 nanti. Kontrak yang cukup panjang dan peningkatan kemampuannya akan membuat harga transfer Unai Simon melonjak tinggi. Barcelona sendiri masih belum pasti apakah bisa membayar biaya transfer tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here