Shin Tae-yong Sebut Mental Kuat Kunci Kemenangan, Begini Alasan Pelatih Malaysia Hadapi Kekalahan

0
59

Debatbola.com – Tim Nasional Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 4-1 pada pertandingan terakhir Grup B Piala AFF 2020 di Singapura pada Minggu, 19 Desember 2021. Mental pemenang disebut-sebut menjadi kunci sukses skuat garuda.

Empat gol Timnas Indonesia ini dicetak oleh Irfan Jaya pada menit ke 36 dan 43, lalu gol sisanya dicetak oleh Pratama Arhan di menit ke-50. Gol terakhir dicetak oleh Elkan Baggott pada menit ke-82. Sedangkan dari pihak Malaysia gol tunggalnya dilesakkan oleh K. Raj pada menit ke-13.

Mental Kuat Kunci Kemenangan

Usai pertandingan, juru taktik Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan bahwa kunci kemenangan timnya atas Malaysia ini adalah mental kuat dari pemain Indonesia. Hal itu telah dibakar oleh Shin Tae-yong sebelum laga dimulai. Shin Tae-yong menyampaikan bahwa sebelum laga pihaknya mengadakan meeting dan dirinya menegaskan kepada pemain jika saja kemasukan gol lebih dulu jangan bernafsu menyerang.

Pemain hanya perlu melakukan apa yang sudah diinstruksikan. Dirinya menambahkan bahwa para pelatih juga memberikan semangat supaya pemain bisa lebih percaya diri dan berani duel bola. Selain itu, dirinya mengatakan pemain muda saat ini semakin berkembang.

Kemenangan atas Malaysia membuat Indonesia mengakhiri Grup B Piala AFF Championship 2020 pada peringkat teratas. Tim Merah Putih memiliki 10 poin dari total empat laga, tak jauh berbeda dengan Vietnam, tapi Indonesia unggul dalam produktivitas gol.

Pada babak semifinal, Indonesia akan bertemu dengan Singapura pada 22 Desember mendatang. Tuan rumah Piala AFF 2020 lolos ke babak empat besar setelah menduduki posisi runner up di Grup A.

Hadapi Kekalahan, Pelatih Malaysia Salahkan Keadaan

Sementara itu, juru taktik Malaysia, Tan Cheng Hoe beralasan ada hal kurang baik yang merupakan faktor utama kekalahan telak Harimau Malaya kontra timnas Indonesia pada matchday kelima Piala AFF 2020. Timnas Indonesia diketahui telah berhasil membantai Malaysia pada laga pamungkas fase Piala AFF 2020.

Dalam laga sarat gengsi ini berjalan dengan sengit dan panas yang berujung kekalahan bagi Malaysia. Kekalahan telak memalukan ini sontak membuat Tan Cheng Hoe menyalahkan situasi yang dialami oleh Malaysia di Piala AFF 2020.

Tan Cheng Hoe mengatakan bahwa Timnas Indonesia dan Vietnam memiliki persiapan yang bagus menjelang Piala AFF ini. Keduanya memiliki pemusatan latihan yang sempurna sehingga bisa bermain dengan maksimal. Namun sayangnya, pihak tim Malaysia tidak memiliki persiapan sebaik mereka untuk menghadapi kerasnya pertandingan di Piala AFF 2020.

Shin Tae-yong Beberkan Strategi

Pelatih Shin Tae-yong membeberkan taktik dan formasi yang digunakan dalam laga Indonesia kontra Malaysia. Shin Tae-yong selalu mengubah formasinya dalam setiap pertandingan. Dalam laga perdana kontra Kamboja formasi yang digunakan yakni 4-1-2-3. Selanjutnya saat kontra Laos, Shin Tae-yong memainkan lima pemain berbeda.

Kemudian saat melawan Vietnam, sang pelatih memasang tiga bek bertahan yang ditempati Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, dan Alfeandra yang diapit oleh Arhan dan Asnawi Mangkualam. Dalam pertandingan kontra Malaysia dirinya menggunakan formasi 4-4-2 dengan mempercayai Ezra Walian dan Witan Sulaeman pada lini depan.

Biasanya Witan Sulaeman bermain sebagai penyerang sayap, tapi posisi itu diisi oleh Ramai Rumakiek. Witan Sulaeman juga terlihat diberikan kebebasan untuk tidak hanya berdiam diri di depan saja, tetapi juga harus pandai mencari bola. Sementara Ezra Walian difokuskan untuk menjadi tembok demi mengalihkan perhatian bek-bek Malaysia.

Shin Tae-yong mengatakan bahwa pihaknya memang sengaja mengubah formasi supaya lawan susah membaca dan menganalisa permainan. Meski begitu, selalu mengubah formasi bukanlah hal yang mudah dalam setiap pertandingan.

Lebih lanjut, sebelum pertandingan pelatih asal Korea Selatan itu selalu menjelaskan taktik dan strategi kepada Asnawi Mangkualam dan rekan-rekannya. Tentu dirinya berharap pasukannya bisa menjalankan tugas dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here