Shin Tae-yong Lebih Memilih Kevin Diks Daripada Ragnar Oratmangoen

0
77

Debatbola.com – Kabar terbaru datang dari Timnas Indonesia, dimana pelatih Shin Tae-yong bakal memilih Kevin Diks ketimbang Ragnar Oratmangoen. Perihal ini telah dikonfirmasi oleh Hasani Abdulgani yang mengurusi proses naturalisasi pemain. 

Melalui unggahan akun instagramnya, anggota EXCO PSSI ini membenarkan hal tersebut. Dalam keterangannya, pelatih Shin Tae-yong memiliki kuasa dalam menentukan bakal calon pemain yang akan dinaturalisasi.

Saat ini PSSI dalam sedang dalam proses pengajuan Naturalisasi kepada empat calon pemain Timnas yakni Mees Hilgers, Jordi Amat, Sandy Walsh dan Kevin Diks. Perlu diketahui bahwa Kevin Diks memiliki darah keturunan Indonesia dari kakeknya. Dengan demikian, Ragnar Oratmangoen kemungkinan besar batal dinaturalisasi untuk menjadi salah satu skuad Timnas Indonesia.

Kevin Diks Bersedia Dinaturalisasi

Proses naturalisasi pemain berusia 25 tahun ini dapat dibilang cukup lambat dibanding pemain lainnya. Salah satu penyebabnya tidak ada respon dari Kevin Diks saat dihubungi oleh PSSI. Lambat laun respon positif datang dari pemain yang saat ini memperkuat FC Copenhagen tersebut. Meskipun secara lisan, dia bersedia untuk dinaturalisasi dan memperkuat Timnas Indonesia.

Meskipun demikian Hasani dapat memastikan waktu bergabungnya Kevin Diks bersama Timnas Indonesia. Menurutnya, sebelum PSSI memutuskan untuk mengajukan naturalisasi kepada Kevin Diks, dia perlu melakukan kesepakatan dengan pelatih Shin Tae-yong. 

Apabila pelatih asal Korea Selatan itu telah menghubungi Diks secara langsung dan merasa cocok, baru PSSI akan mengambil langkah dengan meminta dokumen pendukung untuk melakukan naturalisasi.

Lini Pertahanan Makin Kuat

Pelatih Shin Tae-yong sepertinya sedang fokus dalam memperkuat lini belakang Timnas Indonesia. Hal ini dapat terlihat dari para pemain yang akan dinaturalisasi, dimana 4 daftar pemain yang diajukan semuanya berposisi sebagai bek. Kevin Diks sendiri merupakan pemain yang bermain sebagai bek kanan.

Meskipun demikian dia juga mampu mengisi posisi lain seperti bek tengah, bek kiri maupun gelandang bertahan. Dengan adanya Kevin Diks, tentu persaingan untuk mengisi posisi bek kanan akan semakin sengit, terlebih saat ini posisi tersebut diisi oleh Asnawi Mangkualam yang merupakan “anak emas” Shin Tae-yong.

Bagaimana Posisinya di Timnas?

Meskipun berposisi asli sebagai bek sayap, namun kecil kemungkinan dia akan menggeser posisi dari Asnawi Mangkualam. Kemungkinan yang bisa terjadi yaitu bermain sebagai bek tengah bersama Rachmat Irianto. 

Kemampuannya dalam melakukan passing serta memotong aliran bola lawan juga dapat dimanfaatkan sebagai gelandang bertahan sekaligus kreator permainan Timnas Indonesia.

Kiprah Kevin Diks di Eropa

Media Wahana888 memberikan informasi tentang Kevin Diks yang lahir di Apeldoorn, Belanda. Dia memulai karir bersama klub Belanda, Vitesse dan bermain untuk tim senior pada 2014-2016 sebelum akhirnya pindah ke klub Serie-A, Fiorentina. 

Selama bergabung bersama “La-Viola” kariernya mengalami penurunan performa sehingga kerap dipinjamkan ke klub lain. Setidaknya ada 4 klub yang mendapat service dari permainannya saat peminjaman, yakni Vitesse, Feyenoord, Empoli dan Aarhus.

Hal menarik terjadi kala Kevin Diks memperkuat Feyenoord, dimana dia sempat mencicipi bermain di Liga Champions Eropa. Tepatnya pada musim 2017/2018, Diks bermain sebanyak 3 kali saat bermain di fase grup Liga Champions. Saat itu Feyenoord berada di Grup F bersama tim kuat lain Man City, Napoli, dan Shakhtar Donetsk.

Klub yang terakhir yang dibelanya hingga saat ini yaitu FC Copenhagen. Dia didatangkan secara gratis dari Fiorentina pada bursa musim panas kemarin. Penampilannya bersama FC Copenhagen saat bermain di Liga Konferensi Eropa terbilang cukup bagus. 

Dalam melakoni 4 laga, Kevin Diks mampu mencetak satu gol dengan tiga assist. Dengan kiprah serta pengalamannya yang banyak di kompetisi Eropa, tentu akan sangat dinanti kontribusinya bagi Timnas Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here