Shin Tae-yong dan Saddil Ramdani Keluhkan Banyak Lubang di Lapangan

0
37

Debatbola.com – Kesan tidak menyenangkan datang menghampiri Shin Tae-yong ketika melakoni sesi latihan perdana bersama Timnas Indonesia di Vietnam menjelang SEA Games 2021. Kualitas lapangan yang dipakai dinilai tidak berkualitas karena banyak lubang.

Lakoni Latihan Perdana

Sejak beberapa hari lalu, skuad Garuda –julukan Timnas Indonesia- diketahui sudah berada di Vietnam. Dari sebanyak 20 daftar pemain yang dibawa, ternyata masih ada dua nama yang belum ikut serta. 

Mereka adalah Elkan Baggott dan juga Asnawi Mangkualam. Kedua pemain ini belum bisa ikut sesi latihan pertama menjelang event SEA Games 2021 karena masih belum mendapatkan ijin dari klub masing-masing.

Pada hari Selasa (3/5/2022) malam waktu setempat, Timnas Indonesia sudah terlihat melakukan sesi latihan yang pertama. Dalam sesi ini, mereka difokuskan untuk membangun kembali kondisi kebugaran mereka. Kali ini Timnas Indonesia tidak melakukan latihan di lapangan dalam intensitas tinggi karena harus melakukan beberapa adaptasi.

Sehari kemudian, tepatnya di hari Rabu (6/5/2022) siang waktu setempat, Shin Tae-yong menggiring para pemain untuk melakukan latihan di lapangan. Saat itu latihan digelar di lapangan Bae Bang, Phu Tho. Ternyata sesi latihan kali ini memberikan kesan yang kurang mengenakkan. Pelatih Timnas asal Korea Selatan ini mengeluhkan kondisi lapangan yang kurang sesuai.

Lapangan Tidak Bagus

Sesi latihan di hari kedua tersebut di atas dipimpin langsung oleh Shin Tae-yong. Latihan berlangsung selama 90 menit penuh dengan salah satu materi yang dititik beratkan adalah set-piece atau eksekusi bola-bola mati. Latihan ini dimaksudkan agar para pemain Timnas Indonesia mampu mengatasi situasi tersebut baik saat melakukan serangan maupun ketika tengah bertahan.

Namun usai sesi latihan selesai, ada keluhan yang datang dari pelatih milik Shin Tae-yong. Sang pelatih tidak mengeluhkan soal kondisi pemain ataupun respon para pemain ketika sesi latihan berjalan. Akan tetapi Shin Tae-yong mengkritik soal kondisi lapangan yang dinilai kurang bagus. Kondisi lapangan yang dipakai dinilai tidak sesuai dengan gaya bermain Timnas Indonesia.

“Kami melakukan latihan eksekusi atau skema bola mati, serta terus mematangkan taktik dan juga Strategi,” ucap Shin Tae-yong seperti dikutip dari situs Resmi milik PSSI.

“Soal kondisi pemain, mereka saat ini sangat baik dan juga siap menyambut laga perdana melawan Vietnam. Meski demikian lapangan yang kami pakai saat ini tidak cocok untuk sepak bola modern karena rumputnya kurang bagus,” lanjut sang pelatih.

Keluhan Dari Pemain

Keluhan negatif ternyata tidak hanya muncul dari Shin Tae-yong selaku nahkoda utama Timnas Indonesia. Para pemain sendiri ternyata memiliki kesan senada dengan kondisi lapangan Bae Bang, Phu Tho. Salah satunya datang dari sang winger, Saddil Ramdani. Pemain yang berkarir di klub Sabah FC ini menilai jika lubang yang ada di dalam lapangan terlalu banyak. Hal ini dinilai menghambat jalannya latihan ke titik yang maksimal.

“Tadi kami melakukan sesi latihan tentang bagaimana strategi ketika set piece. Kami sudah siap memberikan semua yang terbaik untuk Indonesia di ajang SEA Games 2021 ini,” ungkap Saddil Ramdani.

“Namun ketika saat sesi latihan, lapangan yang kami pakai saya rasa tidak bagus. Banyak lubang dan juga berpasir. Namun hal ini tidak menjadikan alasan untuk kami ketika melawan Vietnam di laga perdana. Tentu itu menjadi laga yang sangat penting, kami akan berjuang keras demi meraih kemenangan,” lanjut winger 23 tahun ini.

Jika tidak ada halangan berarti, Timnas Indonesia akan bertemu dengan Vietnam pada hari Jumat (6/5/2022) mendatang. Laga berikutnya Timnas Indonesia akan bertemu dengan Timor Leste pada Senin (10/5/2022).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here