Setelah Dani Alves, Kini Giliran Thiago Alcantara Ke Barcelona

0
42

Debatbola.com – Dani Alves telah secara resmi bergabung dengan klub yang membesarkan namanya, Barcelona. Kepastian itu didapatkan setelah Xavi Hernandez secara resmi menjadi pelatih pengganti Ronald Koeman.

Sang bek sayap tersebut didaratkan kembali secara gratis ke Camp Nou setelah masa perantauannya yang memakan waktu lima tahun. Tak menyangka di usianya yang ke-38 tahun dirinya bisa mendapatkan kembali kesempatan kedua membela Barcelona.

Thiago Alcantara Masuk Rencana Xavi Hernandez

Setelah memulangkan sosok Dani Alves, Barcelona yang dilatih oleh Xavi Hernandez menginginkan satu sosok lainnya untuk kembali. Pemain tersebut adalah gelandang tengah yang membela Liverpool, Thiago Alcantara.

Sang gelandang sendiri berasal dari akademi yang sama dengan Xavi Hernandez, La Masia. Alias dirinya merupakan produk asli didikan Barcelona. Namun ketika musim 2013/2014 lalu, Thiago Alcantara tidak masuk dalam rencana permainan Pep Guardiola dan dijual ke Bayern Munchen.

Total Die Bayern kala itu membayarkan dana sebesar 25 juta Euro untuk melicinkan jalan keluarnya dari Camp Nou. Kala membela Bayern Munchen, sang pemain telah memenangkan seluruh gelar baik di kancah domestik maupun Eropa.

Kini Xavi Hernandez membutuhkannya untuk mengisi posisi gelandang di lini tengah timnya. Pemain berusia 30 tahun tersebut bisa dimainkan di posisi gelandang tengah, serang atau bertahan. Kemungkinan dirinya bakal menjadi mentor bagi Pedri dan Frenkie De Jong di lini tengah.

Usia kedua pemain itu yang masih cenderung muda masih belum kelihatan permainan terbaiknya. Pergantian pelatih yang terasa singkat berarti juga perubahan pola permainan dan membuat para motor serangan tersebut kehilangan pakem.

Pendaratan Thiago Alcantara ke Barcelona juga dipastikan menjadikannya sebagai mentor bagi pemain muda lainnya seperti Gavi dan Nico Gonzalez. Saksi hidup permainan tiki-taka era Pep Guardiola ini bakal sangat dibutuhkan oleh permainan sang pelatih baru.

Memulai Negosiasi

Xavi Hernandez diberitakan telah memberikan keinginannya kepada presiden Joan Laporta untuk mengangkut Thiago Alcantara. Maka diperkirakan dimulainya pembicaraan negosiasi dengan sang pemain bakal dilangsungkan dalam waktu dekat.

Kini sang gelandang masih terikat kontrak bersama Liverpool hingga tahun 2024 mendatang. Dengan harga pasar sebesar 25 juta Euro, dirinya pasti diberikan harga yang besar untuk Barcelona yang ingin mengangkutnya.

Namun terdapat kemungkinan juga dengan situasinya yang seringkali mengalami cedera harganya bakal menurun. Proses transfer ini juga berpotensi diselesaikan dengan pertukaran pemain dengan Philippe Coutinho sebagai korban.

Dimana sang gelandang asal Brasil tersebut masih belum mendapatkan permainan terbaiknya kembali di Camp Nou. Apalagi setelah mengalami masa cedera panjang yang menyerangnya di musim lalu hingga awal-awal musim ini.

Namun jika jadi hengkang Thiago Alcantara dipastikan akan membuat kecewa para pendukung Liverpool. Sebab dirinya baru saja berseragam The Reds dan belum menyelesaikan tugasnya di klub tersebut. Dalam hal ini belum mengakhiri kontrak yang diberikan manajemen The Reds.

Performa Terganggu Akibat Cedera

Sang pemain baru saja bergabung bersama Liverpool sejak awal musim 2020/2021 dengan biaya sebesar 22 juta Euro dari Bayern Munchen. Namun sejak kedatangannya, performa sang pemain terganggu akibat cedera.

Bahkan di musim ini juga sang pemain sangat sedikit mendapatkan kesempatan bermain setelah kembali mengalami cedera. Dari tujuh pertandingan yang dimainkannya bersama The Reds, sang gelandang hanya bermain selama 247 menit.

Maka untuk mengisi lini tengah Liverpool, Jurgen Klopp lebih sering memberikannya kepada Jordan Henderson dan James Milner. Thiago Alcantara lebih sering diturunkan sebagai pemain pengganti bagi kedua nama tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here