Serie A Italia Diprediksi Kembali Berjalan Pada Pertengahan 2020

Debatbola.com – Serie A Italia menjadi kompetisi top Eropa pertama yang memutuskan untuk menghentikan liga akibat merebaknya pandemi virus corona. Langkah Italia kemudian diikuti oleh liga top Eropa lainnya sampai akhirnya semua liga top Eropa hiatus bersama-sama saat ini.

Di Italia, terdapat 9 pemain klub Serie A yang dinyatakan positif virus corona. Daniele Rugani, Manolo Gabbiadini, Albin Ekdal, Thorsten Morsby, Omar Colley, Antonino La Gumina, Patrick Cutrone, German Pezzella, dan Dusan Vlahovic yang terpapar Covid-19.

Serie A rencananya ditunda sampai awal April mendatang. Tapi menurut Presiden Federasi Pesepakbola Italia (AIC), Damiano Tommasi, cukup mustahil Serie A kembali berjalan pada awal April. Pasalnya, wabah virus corona masih belum mampu dikendalikan oleh pemerintah Italia.

“Jelas cukup mustahil untuk mulai kembali bermain pada awal April nanti. Kalau pun semuanya berjalan baik, kita baru bisa kembali melanjutkan liga pada Mei atau Juni. Ketika kita berbicara tentang sepakbola, orang berpikir kami hanya memikirkan keamanan, padahal sebenarnya kami memikirkan seluruh dunia di luar tim,” kata eks pemain AS Roma itu pada Che Tempo Che Fa.

Tommasi mencotohkan, tidak hanya pemain yang positif memiliki virus mematikan ini. Banyak nyawa yang terancam karena virus corona ini dan itu tak memandang bulu dan profesi.

“Pemain pertama yang terkontaminasi ada di Serie C, dari Pianese, kit man mereka masih mendapatkan perawatan intensif. Juventus juga sekarang sedang mengarantina 100 orang.”

“Ada banyak orang yang melakukan perjalanan di Italia dan Eropa, bertemu banyak orang ketika mereka bekerja. Masalahnya tidak hanya orang Italia, tapi seluruh Eropa, jadi UEFA harus bertndak mewakili Eropa.” 

Sempat muncul isu bahwa Serie A akan menentukan juara dengan menggelar play-off. Namun hal itu masih dipertimbangkan dan masih akan didiskusikan pada akhir Maret mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here