Serie A Dihentikan, FIGC Buka Opsi Play-off untuk Penentuan Juara dan Degradasi

0
180
Serie A Dihentikan, FIGC Buka Opsi Play-off untuk Penentuan Juara dan Degradasi

Debatbola.com – Lebih dari 9000 kasus suspect virus corona di Italia, yang 200 lebih di antaranya telah meninggal dunia, membuat seluruh kegiatan olahraga di Italia dihentikan sementara. Tak terkecuali divisi teratas Italia, Serie A.

Serie A yang memasuki pekan ke-26 dihentikan sementara hingga awal April mendatang. Sebelumnya, sejumlah pertandingan ditunda bahkan digelar tanpa penonton, termasuk laga besar antara Juventus vs Inter Milan.

Penghentian ini bisa lebih lama, bahkan permanen, jika kasus virus corona tak segera mereda di Italia. Maka dari itu, Federasi Sepakbola Italia (FIGC), mulai membuka opsi untuk mencari peraih gelar juara, tim yang lolos ke kompetisi UEFA musim depan dan degradasi tanpa memainkan seluruh laga sisa.

Dalam pernyataan resminya, FIGC mengatakan bahwa Serie A hanya bisa digelar sampai 31 Mei saja. Karenanya jika penjadwalan ulang tak memungkinkan memainkan semua liga, jalan terbaik akan diambil, yaitu hanya menggelar laga-laga yang menentukan.

“Dengan referensi dari pemulihan laga-laga Serie A, juga berkaitan dengan liga lain [Serie B, Serie C, dst], serta program jangka panjang lainnya, Presiden meminta bahwa laga Serie A hanya bisa tersedia hingga 31 Mei,” tulis pernyataan resmi FIGC.

“Jika kasus COVID-19 ini membuat liga untuk menentukan hasil akhir kejuraan, Presiden Gabriele Gravina telah mengajukan sejumlah hipotesis untuk dipertimbangkan pada pertemuan Federal Council pada 23 Maret mendatang.”

“Tanpa melihat urutan prioritas, akan diambil sebuah keputusan mengenai penentuan juara Italia dan tim yang berhak lolos ke kompetisi Eropa yang tentunya melalui komunikasi UEFA; hal itu bisa berupa memutuskan liga berakhir sesuai klasemen saat ini, atau menggelar laga play-off untuk gelar juara dan degradasi ke Serie B.”

Perlu diketahui, saat ini Juventus memuncaki klasemen sementara Serie A, tapi hanya unggul satu poin dari Lazio dan sembilan poin dari Inter Milan yang memiliki satu laga tunda. Sementara itu di zona degradasi, terdapat Brescia, SPAL, Lecce, juga Genoa, Sampdoria, Torino, Udinese, hingga Fiorentina yang hanya berjarak lima poin dari zona degradasi.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here