Serie A 2022/23 Resmi Berlakukan Play Off Scudetto, Begini Cara Kerjanya

0
45
Serie A 2022/23 Resmi Berlakukan Play Off Scudetto, Begini Cara Kerjanya

Debatbola.comSerie A telah menyelesaikan musim 2021/22 pada 22 Mei kemarin. Total 1089 gol terjadi selama 380 pertandingan dalam semusim. AC Milan keluar sebagai kampiun usai berhasil jaga jarak dua poin rival sekota, Inter Milan.

Sementara itu, Ciro Immobile memantapkan diri sebagai pencetak gol terbanyak Serie A 2021/22. Striker Italia tersebut torehkan 27 gol bersama Elang Ibu Kota, Lazio.

Serie A dijadwalkan akan bergulir pada 14 Agustus 2022 mendatang. Namun musim depan harus diwarnai dengan jeda lebih besar pada November hingga Desember. Hal tersebut karena adanya event Piala Dunia 2022 Qatar.

Musim kemarin Milan berhasil rampas Scudetto dengan jarak dua poin di atas Inter. Namun apa jadinya kalau musim depan ada dua tim di posisi puncak dengan poin yang sama?

Serie A telah mengeluarkan kebijakan penting terkait aturan liga mereka untuk musim depan. Jika ada dua tim pemuncak dengan perolehan poin yang sama pada akhir musim, maka Scudetto akan ditentukan melalui partai play-off.

Play Off Berbeda Dengan Head To Head

AC Milan memastikan gelar Scudetto perdana usai penantian 11 tahun kala mereka berhasil menjaga jarak dua poin dengan Inter Milan. Jika diputuskan melalui rekor head to head, Rossoneri masih menjuarai Serie A walaupun keduanya meraih poin yang sama.

Pertemuan pertama mereka pada musim lalu bertempat di San Siro dengan hasil sama kuat 1-1. Lalu pada Derby Milano jilid dua dengan Stadion Giuseppe Meazza sebagai saksi bisu, papan skor menunjukkan hasil akhir 1-2 untuk kemenangan Olivier Giroud dkk. Dengan kedua hasil tersebut, Milan yang unggul rekor head to head berhak atas gelar Scudetto.

Pada 28 Juni 2022 Federasi Sepakbola Italia (FIGC) telah menyepakati proposal terkait penentuan Scudetto dengan format berbeda berupa play-off. Nantinya dua tim pemuncak Serie A akan saling bunuh di partai play-off jika mereka selesaikan musim 2022/23 dengan jumlah poin yang sama usai menjalani 38 pertemuan dalam semusim.

Cara Kerja Play-Off Scudetto

Hanya dua tim pemuncak yang akan beradu dalam babak play off jika torehan poin keduanya sama kuat pada akhir musim. Jika hasil masih imbang selama durasi normal 90 menit maka laga akan langsung berlanjut via adu penalti.

Format play off hanya diterapkan untuk mencari jawara Scudetto. Sementara untuk tim peringkat tiga kebawah penentuan masih akan melalui rekor head-to-head jika terdapat torehan poin yang sama.

Terakhir Diterapkan Pada 59 Tahun Lalu

Babak play-off untuk menentukan kampiun Serie A pernah diterapkan juga tepatnya pada 1964. Tepatnya Bologna yang memantapkan diri untuk angkat trofi Serie A usai sudahi perlawanan Inter Milan dua gol tanpa balas. Roma dipilih sebagai tempat netral diadakan pertandingan play off kala itu.

Satu Satunya Di Liga Top Eropa

Serie A masih menjadi satu-satunya di liga top Eropa yang menerapkan babak play-off untuk menentukan gelar juara. Hingga saat ini, Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Bundesliga masih nyaman dengan sistem selisih gol terbaik jika dua tim pemuncak sudahi liga dengan torehan poin yang sama.

Serie A 2022/23 akan memasuki musim ke 121 sebagai liga kasta utama Negeri Pizza. Pekan pertama Serie A musim depan akan tersaji AC Milan kontra Udinese. Sang juara bertahan jelas jaga harga diri di pekan pertama di hadapan publik sendiri.

Sementara sang Runner Up musim lalu, Inter harus menjaga asa kala harus kalahkan Lecce pada pekan perdana Serie A 2022/23. Kembalinya Romelu Lukaku untuk kenakan seragam hitam biru jadi amunisi terbaru skuad asuhan Simone Inzaghi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here