Sepakat Dengan Xavi, Barcelona Sementara Pakai Caretaker

0
58

Debatbola.com – Ronald Koeman akhirnya resmi dipecat dari kursi kepelatihannya di Barcelona usai timnya kalah 1:0 dari Rayo Vallecano, Kamis (28/10) kemarin. Kini spekulasi mulai mengerucut ke arah Xavi Hernandez sebagai pelatih baru.

Ronald Koeman Dipecat

Pada hari Kamis (28//10) dini hari kemarin Barcelona bertandang ke Estadio de Vallecas markas dari Rayo Vallecano. Pada laga pekan kesebelas ini skuad Blaugrana menelan kekalahan pahit dengan skor tipis 1:0. Secara mengejutkan kekalahan ini ternyata menjadi laga terakhir Barcelona bersama Ronald Koeman. Setelah laga usai, pelatih asal Belanda tersebut dikabarkan dipecat oleh pihak manajemen.

Sebenarnya kabar mengenai pemecatan Ronald Koeman sudah sempat terdengar dalam beberapa bulan terakhir. Namun kabar tersebut baru muncul ketika Barcelona tumbang dari tim promosi dini hari kemarin. Kini beberapa sudah dikaitkan akan menjadi pelatih baru di Camp Nou.

Dari sederet nama, sosok yang paling dekat adalah sang legenda hidup tim, Xavi Hernandez. Jurnalis olahraga ternama asal Italia, Fabrizio Romano, mengklaim jika peluang Xavi menjadi pelatih baru Ansu Fati dan kolega kian besar. Sebab manajemen Blaugrana dikabarkan sudah mencapai kata sepakat dengan Xavi.

Mencapai Kata Sepakat

Menurut pengamatan Romano, Xavi Hernandez saat ini telah sepakat dengan manajemen Barcelona untuk menggantikan tugas Ronald Koeman di Camp Nou sebagai pelatih utama. Beberapa hari lalu Xavi terlihat sudah melakukan pembicaraan dengan Joan Laporta selaku orang nomor satu di tim asal Catalan ini. Dalam pembicaraan tersebut, Joan Laporta sudah menjabarkan mengenai proyek yang tengah dikerjakan Barcelona.

Kabarnya Xavi tertarik untuk menjadi bagian dari proyek tersebut dan kini sudah mencapai kesepakatan verbal dengan presiden Barcelona tersebut. Untuk itu besar kemungkinan jika Xavi akan segera menjadi pelatih Barcelona selanjutnya. Hanya saja proses peralihan ini tidak akan semudah membalikkan telapak tangan.

Saat ini Xavi Hernandez masih berstatus sebagai pelatih utama di klub Liga Qatar, Al Sadd. Untuk itu manajemen Barcelona harus menunggu proses pemutusan kontrak dari Xavi. Proses ini tentu saja akan memakan waktu sehingga dalam beberapa hari kedepan Xavi belum bisa menjadi pelatih baru untuk Barcelona.

Masih Fokus ke Al Sadd

Rumor kedekatan Xavi dan juga Barcelona menang kian menguat dalam rentang waktu 24 jam terakhir. Namun ketika ditanya mengenai kabar ini, Xavi menolak untuk membahasnya dan mengatakan jika dirinya masih fokus dengan pekerjaannya saat ini di Al Sadd.

“Saya saat ini masih fokus mengurusi pekerjaan saya bersama Al Sadd. Untuk itu saya tidak bisa membicarakan hal lainnya,” ungkap Xavi Hernandez ketika berada di jumpa pers menjelang laga kontra Al Ahli di Liga Qatar pada Jumat (29/10/2021) dini hari tadi.

Barcelona Pakai Caretaker

Sembari menunggu proses legal kontrak dari Xavi dengan klub Al Sadd, Barcelona dalam beberapa laga ke depan akan memakai jasa dari pelatih interim terlebih dahulu. Barcelona juga dikabarkan tidak akan memaksakan perekrutan mengingat jendela transfer juga belum dibuka. Untuk itu para petinggi menunjuk pelatih Barcelona B, Sergi Barjuan untuk mengawal Ansu Fati dan kolega hingga paruh pertama musim ini selesai.

Kali ini Barjuan naik pangkat setelah hanya melatih Barcelona B kemudian melatih tim utama. Barjuan sendiri sebenarnya juga mantan pemain dari Barcelona yang baru melatih Barcelona B pada bulan Juni 2021 kemarin. Dia dikontrak untuk mengembangkan para pemain di La Masia hingga tahun 2023 mendatang. Selama menukangi Barcelona B, Barjuan telah membawa timnya parkir di peringkat ke-11 dengan koleksi 13 poin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here