Sengketa Alex Goncalves dengan Mantan Klubnya, Presiden Brasil Ikut Turun Tangan

0
52

Debatbola.com – Sengketa mengenai gaji antara Alex Goncalves dan mantan klubnya, Tira Persikabo telah mencapai babak baru. Presiden Brasil, Jair Messias Bolsonaro menyatakan bahwa dirinya sadar akan kasus ini.

Polemik bermula dari pemotongan gaji sebesar 75 persen yang dilakukan oleh Tira Persikabo. Manajemen klub menjelaskan bahwa yang mereka lakukan ini sudah sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh pihak PSSI untuk Liga 1 2020 lantaran merebaknya pandemi Covid-19.

Sengketa Alex Goncalves

Alex Goncalves mengklaim bahwa dirinya tidak tahu menahu apalagi menyetujui kebijakan tersebut. Striker yang kini berseragam Persita Tangerang itu kemudian mencurahkan kegundahannya di media sosial. Kemudian dirinya membawa masalah tersebut ke Badan Sengketa FIFA, melalui kuasa hukum pilihannya, Pedro Macieirinha.

Manajemen Tira Persikabo tentu saja menyayangkan aksi pemain berusia 31 tahun itu lantaran dianggap mencemarkan nama baik klub dan presiden Laskar Padjajaran, Bimo Wirjasoekarta. Akhirnya Alex Goncalves pun dilaporkan ke pihak kepolisian.

Presiden Brasil Turun Tangan

Lantaran hal itulah masalah ini akhirnya sampai pada telinga Bolsonaro. Melalui akun Instagram pribadinya, Presiden Brasil itu telah menjabat semenjak 2019 lalu. Dirinya juga menyampaikan apa saja yang diketahuinya mengenai perseteruan Alex Goncalves dan Tira Persikabo.

Bolsonaro paham jika Alex saat ini terancam dideportasi dari Indonesia lantaran visa dan izin kerjanya telah habis per Oktober 2021 lalu. Itulah alasan mengapa eks Persela Lamongan itu kini tidak bisa merumput untuk kesebelasan Persita.

Bolsonaro menuliskan dalam unggahannya bahwa kedutaan Brasil menyampaikan jika Alex Goncalves bersama dengan pihak kedutaan Indonesia pada tanggal 6 dan 7 Desember didampingi oleh seorang kuasa hukum dan perwakilan diplomat Brasil. Apabila tidak ada kendala hukum pengawasan, ada kemungkinan Alex Goncalves akan dapat meninggalkan Indonesia pada 13 Desember mendatang.

Kedutaan besar Brasil telah mendampingi Alex Goncalves dan memberikan semua dukungan yang diperlukan. Beberapa waktu lalu, seusai dibekukan dari skuat Persita, Alex rumornya akan dicoret dari daftar pemain Laskar Cisadane.

Pelatih Widodo Cahyono Putro menyebutkan bahwa jika menahan sang pemain tanpa bisa memainkannya sama saja klub dalam kerugian besar. Pasalnya memang Persita menggunakan jatah pemain asing tanpa bisa memainkannya sama sekali. Padahal klubnya saat ini tengah berusaha duduk setinggi mungkin di klasemen sementara BRI Liga 1 musim ini.

Suara Pihak Manajemen Persikabo

Mengenai tuduhan yang dilontarkan oleh Alex Goncalves, manajemen Persikabo 1973 membantah telah melakukan pemotongan gaji para pemainnya tanpa melakukan pemberitahuan terlebih dahulu. Laskar Padjajaran itu juga menyesalkan atas sikap Alex Goncalves yang membawa perkaranya ke FIFA dan memojokkan pihaknya di Instagram.

Padahal, dari pihak manajemen sebetulnya telah menginformasikan dan melakukan sosialisasi mengenai kebijakan klub itu kepada semua pemain. Penggajian para pemain pada masa pandemi itu telah disesuaikan dengan surat keputusan dari PSSI.

Hasil dari sosialisasi itu, semua pemain menyatakan setuju, termasuk Alex Goncalves. Manajemen Persikabo 1973 juga menyayangkan akan tindakan Alex yang melaporkan klub Persikabo ke badan sengketa FIFA lewat pengacaranya sebagai bentuk penyelesaian masalah.

Pihak manajemen juga merasa kecewa dengan konten yang diunggah di akun Instagram Alex. Hal ini lantaran konten tersebut berisi curahan hatinya secara emosional yang menggiring opini publik bahwa mantan klubnya itu tidak mempedulikan kesejahteraan para pemainnya.

Hingga kini, manajemen terus melakukan upaya dalam menjalin hubungan baik dengan para pemainnya. Selain itu, mereka juga memegang prinsip menyelesaikan masalah dengan jalan musyawarah. Hal ini lantaran pihak manajemen tidak ingin merugikan siapapun.

Manajemen juga akan selalu mengupayakan penyelesaian terbaik mengenai persoalan yang menyangkut pemainnya. Oleh karena itu, pihak manajemen juga telah memediasi dan mengedepankan azas musyawarah dalam kasus tuntutan pembayaran penuh gaji yang disampaikan oleh mantan pemainnya, Alex Goncalves.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here