Semua Pemain Liga Inggris Tak Ingin Ada VAR

0
486
Semua Pemain Liga Inggris Tak Ingin Ada VAR

Debatbola.com – Video Assistant Referee (VAR) kerap menjadi buah bibir sejak resmi digunakan pada ajang Liga Inggris musim 2019/20 ini. Bukannya meredam kontroversi, kehadiran VAR justru menambah sensasi-sensasi yang justru seharusnya tak terjadi. 

Tak terkecuali pada laga Sheffield United vs West Ham United pada Sabtu (11/01) dini hari WIB. VAR menganulir gol Robert Snodgrass yang dicetak pada menit-menit akhir pertandingan. Gol tersebut seyogyanya bisa membuat West Ham pulang dengan satu poin, tapi VAR menyatakan bola mengenai tangan Declan Rice, sang pencetak assist, terlebih dahulu.

Atas insiden itu, West Ham harus takluk dengan skor 0-1. Manajer West Ham, David Moyes, kecewa berat atas keputusan VAR yang membuat timnya pulang dengan kepala tertunduk.

Semua Pemain Liga Inggris Tak Ingin Ada VAR 2

“Kami kecewa karena kami akhirnya mencetak gol yang bagus tapi itu tidak dihitung,” kata Moyes. “Aku tidak tahu siapa yang ada di belakang kamera itu. Tapi itu seharusnya disahkan karena tangan Declan Rice tidak aktif.”

Rice pun sama geramnya dengan sang manajer. Bahkan ia mengutuk penggunaan VAR di laga Liga Inggris yang menurutnya justru merugikan banyak tim. 

“Aku rasa kami sudah bermain bagus. Satu poin dari laga ini sudah bagus buat kami,” kata Rice pada Sky Sports. “Aku lihat, bek lawan lah yang membuat bola mengarah pada tanganku. Aku tahu dalam gerakan lambat aku bergerak maju, tapi bola menghampiri tanganku karena disundul pemain lawan. Tentu kalau situasi seperti ini aku seharusnya dianggap tidak handball.”

“Aku rasa bukan hanya aku saja, tapi semua pemain Liga Inggris tidak setuju dengan penggunaan VAR. Semua orang tidak ingin VAR mengganggu sepakbola. Sudah terlalu banyak keputusan gila yang terjadi karena adanya VAR,” sambun Rice.

Atas kekalahan tersebut, West Ham tertahan di peringkat ke-16 klasemen sementara Premier League. Mereka hanya terpaut dua poin dari zona degradasi. Sebaliknya, Sheffield United terus melanjutkan performa impresifnya dengan tetap berada di zona elite Eropa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here