Sempat Unggul Lebih Dulu, Italia Tertahan Imbang 1-1 Kontra Jerman

0
36

Debatbola.com – Bermain di kandang sendiri, Timnas Italia akhirnya gagal memetik hasil maksimal setelah hanya bermain imbang 1:1 kontra Timnas Jerman pada laga pertama dari Liga A3 di kompetisi Liga Negara UEFA, Minggu (5/6/20220) dini hari WIB.

Babak Pertama, Laga Berjalan Imbang
Bermain di kandang sendiri, Timnas Italia nampaknya belum bisa bangkit dari kekecewaan setelah tumbang di Piala Finalissima 2022 beberapa hari sebelumnya. Saat itu pasukan Roberto Mancini menelan kekalahan sebanyak 0:3 dari Argentina. Setelah itu mereka harus melawan Jerman di kompetisi ini.

Sejak laga dini hari dimulai, Italia sebagai tuan rumah tidak terlalu banyak mendapatkan bola. Mereka hanya menguasai sebanyak 32 persen penguasaan bola. Meski demikian, timnas Italia mampu melepas sebanyak lima tembakan ke arah gawang Jerman. Sedangkan Jerman sudah melepaskan sebanyak delapan tembakan ke arah gawang Italia.

Sepanjang laga babak pertama berlangsung, Timnas Italia mendapatkan peluang terbaik hanya dari kaki Gianluca Scamacca. Itupun peluang satu-satunya yang berhasil mereka dapat di paruh pertama dan gagal berbuah gol Kemudian Jerman terlihat beberapa kali mengancam gawang Italia.

Akan tetapi tim besutan Hansi Flick ini juga belum mampu memecah kebuntuan. Peluang terbaik sempat datang dari Serge Gnabry namun berhasil diamankan oleh Gianluigi Donnarumma. Alhasil sampai jeda turun minum tiba, skor 0:0 belum mampu diubah oleh kedua kesebelasan.

Babak Kedua, Laga Kembali Imbang
Memasuki duel di laga babak kedua, jalannya laga masih terlihat monoton. Kedua tim masih belum memberikan ancaman yang berarti. Sampai pada akhirnya di menit ke-59 Timnas Jerman lebih dulu melakukan pergantian pemain. Jamal Musiala dan juga Jonas Hofmann masuk untuk menggantikan Leroy Sane dan Benjamin Henrichs.

Pergantian yang dilakukan Hansi Flick nampaknya tidak membawa perubahan yang berarti. Mereka masih tetap saja gagal mencetak gol perdana. Pada menit ke-70 petaka datang menghampiri Timnas Jerman. Gawang Manuel Neuer kebobolan dan membuat Italia unggul lebih dulu.

Gol pembuka Timnas Italia tercipta berkat aksi dari pemain debutan, Wilfried Gnonto yang baru masuk lima menit sebelumnya untuk menggantikan Matteo Politano. Gnonto berhasil tampil impresif dan memberikan assist kepada Lorenzo Pellegrini untuk menjadi gol pembuka timnya.

Sayangnya keunggulan Timnas Italia tidak mampu berlangsung lama. Tiga menit kemudian, tepatnya di menit ke-73 Joshua Kimmich berhasil mencetak gol penyeimbang. Gol ini terjadi karena kemelut di mulut gawang. Bola yang sebelumnya mengenai Timo Werner mampu dikontrol dengan baik oleh Kimmich dan berhasil bersarang di gawang Donnarumma.

Setelah skor kembali imbang 1:1, kedua kubu mulai kembali menaikkan tempo serangan. Akan tetapi sampai peluit panjang berbunyi, tidak ada gol muncul. Alhasil duel selesai dengan skor 1:1 dan kedua kubu harus berbagi satu poin sama.

Situasi Klasemen Terbaru
Berkat hasil imbang di laga dini hari tadi, Timnas Italia hanya bisa mengunci satu poin di kandang sendiri. Hasil ini tentu saja kurang maksimal mengingat mereka adalah juara ketiga dari kompetisi Liga Negara UEFA musim 2020/2021 lalu.

Suntikan poin akhirnya menempatkan pasukan Roberto Mancini di peringkat ketiga dari klasemen Liga A3. Sedangkan Jerman yang juga mendapatkan suntikan satu poin menempati posisi kedua di klasemen grup yang sama. Sementara itu peringkat pertama dihuni Hungaria yang berhasil mengalahkan Inggris dengan skor 1:0.

Pada laga selanjutnya, Italia akan kembali melakoni laga kandang dengan menjamu Hungaria. Kemudian Timnas Jerman akan menjamu Inggris di kandang mereka sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here