Sempat Terdiam, Para Pendukung Timnas Belanda Pun Bisa Bersorak Lagi

0
185
Sempat Terdiam, Para Pendukung Timnas Belanda Pun Bisa Bersorak Lagi

Debatbola.com – Timnas Belanda mampu mengemas poin penuh kala menghadapi timnas Ukraina pada laga pembuka mereka diajang EURO 2020. Bertempat di Amsterdam ArenA, dua gol yang dilesatkan oleh punggawa De Oranje langsung dibalas dua gol juga oleh skuat Zhovto-Blakytni.

Beruntung bek kanan timnas Belanda, Denzel Dumfries sukses membuat kedudukan timnya menjadi unggul kembali. Skuat yang diasuh oleh Frank De Boer itu pun dapat mengakhiri laga dengan kepala tegak.

Pertandingan Yang Mendebarkan

Turun tanpa dua bek tengah intinya timnas Belanda tetap menggunakan formasi tiga bek. Jurrien Timber, Daley Blind dan Stefan De Vrij menjadi pilihan utama sang pelatih, Frank De Boer di posisi pertahanan.

Babak pertama kedua tim sama-sama saling jual beli serangan. Timnas Ukraina yang bertindak sebagai tim tamu tidak malu-malu dan ngotot menampilkan permainan terbaiknya. Mereka dibawah asuhan pelatih sekaligus legenda Andriy Shevchenko tampil begitu impresif.

Gol baru tercipta pada babak kedua tepatnya pada menit ke-52 lewat kaki gelandang sekaligus kapten timnas Belanda, Georginio Wijnaldum. Pemain yang baru diboyong Paris Saint-Germain itu melancarkan tendangan keras dan langsung menggetarkan gawang Georgiy Buschan.

Gelandang berusia 30 tahun tersebut sebelumnya memanfaatkan kemelut di mulut gawang timnas Rusia. Tepisan penjaga gawang timnas Ukraina yang tidak sempurna berhasil dieksekusi oleh sang gelandang dengan baik.

Tepat enam menit berikutnya, skuat De Oranje langsung menambah keunggulan, kali ini berkat kreasi dari sang striker, Wout Weghorst. Anak asuh Frank De Boer pun sukses mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Melihat timnya tertinggal dua gol, skuat Zhovto-Blakytni langsung menginisiasi serangan. Kapten tim, Andriy Yarmolenko langsung menggagas terjadinya gol kedua lewat tendangan roketnya yang merobek gawang Maarten Stekelenburg.

Hanya dua menit berselang, pendukung tim tuan rumah terdiam sejenak. Striker tim tamu, Roman Yaremchuk berhasil membuat Maarten Stekelenburg memungut bola dari gawangnya sendiri. Lewat skema tendangan bebas, striker yang kini merumput bersama KAA Gent membuat skor menjadi imbang.   

Sundulan Denzel Dumfries Menjadi Penyelamat

Dewi Fortuna masih berada di pihak Timnas Belanda. Bek kanan mereka, Denzel Dumfries sukses membuat gawang Ukraina bergetar untuk yang ketiga sekaligus terakhir kalinya. Nathan Ake menjadi pemberi assist gol terakhir itu. Bek Manchester City itu bergerak dari sisi kiri dan langsung melepaskan umpan ke depan gawang Ukraina.

Umpan silangnya mengarah tepat ke kerumunan antara barisan pertahanan tim tamu dan tuan rumah. Namun Denzel Dumfries yang lebih siap berhasil menyambut umpan tersebut dan menyundul bola dengan keras. Hingga Georgiy Buschan tidak mampu menepisnya.

Para pendukung De Oranje yang sejak gol kedua Ukraina sedikit terdiam kemudian bisa kembali berteriak semangat. Suasana di stadion pun kembali bergemuruh usai bek kanan PSV Eindhoven itu membuat gol ketiga.

Kedudukan pun menjadi 3-2, skuat De Oranje kembali unggul untuk ketiga kalinya. Hingga sang pengadil lapangan yang bertugas, Felix Brych meniupkan peluit tanda pertandingan berakhir, tidak ada lagi gol yang tercipta.

Menghuni Posisi Kedua

Berkat raihan poin penuh tersebut, timnas Belanda berhak untuk mengisi posisi kedua klasemen sementara grup C. Timnas Austria yang menang besar 3-1 atas lawannya, Makedonia Utara sukses menempati posisi puncak.

Skuat asuhan Frank De Boer ini pun berpotensi besar menggeser timnas Austria dari posisi puncak. Pasalnya kedua tim akan bertemu di partai selanjutnya pada Jumat (18/6) mendatang. Jika Memphis Depay dan kawan-kawan mampu memetik tiga poin maka posisi pertama berhak menjadi milik mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here