Sekian Lama Vakum, Piala Indonesia Kembali Digelar Tahun Ini

0
34

Debatbola.com – PSSI baru saja memberikan pengumuman yang mengejutkan para pecinta sepak bola Indonesia. Federasi tertinggi sepak bola itu mengumumkan akan kembali menggelar kompetisi Piala Indonesia di tahun ini. Padahal, Piala Presiden 2022 belum selesai dilaksanakan dan bahkan Liga 1 musim 2022-2023 juga belum dimulai.

Pengumuman tersebut tentu saja mengejutkan karena Piala Indonesia terakhir kali diselenggarakan 3 tahun lalu. Bahkan PSSI kabarnya sudah memberikan surat edaran pada 64 klub yang tersebar di seluruh Indonesia. Diluar dugaan, kompetisi tersebut justru mendapat respon yang cukup bagus dari klub-klub Liga 1.

Akan Digelar Tahun Ini

Setelah vakum selama 3 tahun lamanya, Piala Indonesia akan kembali digelar di tahun ini. Pengumuman tersebut disampaikan oleh PSSI melalui surat edaran resmi terkait pelaksanaan kompetisi Piala Indonesia tahun ini. Total 64 klub dari seluruh Indonesia yang menerima surat edaran resmi dari PSSI itu.

Piala Indonesia merupakan program lanjutan dari PSSI di tahun 2022 ini berdasarkan kesepakatan di Kongres Biasa pada tanggal 30 Mei lalu. Untuk kompetisi Piala Indonesia musim ini, merupakan edisi ke-8. Berdasarkan surat edaran, Piala Indonesia akan berlangsung sejak bulan Agustus hingga Maret di tahun 2023 nanti. 

Terakhir kali Piala Indonesia dilaksanakan pada musim 2018-2019 tepatnya 3 tahun lalu. Saat itu, PSM Makassar yang berhasil keluar menjadi pemenang dan mengalahkan klub dari keseluruhan kasta Liga Indonesia. Sayang sekali kompetisi yang sudah berjalan sejak tahun 2005 lalu harus terhenti lantaran adanya pandemi yang menyerang.

Sama halnya dengan Piala Indonesia edisi sebelumnya, kompetisi ini juga akan mempertemukan klub dari 3 kasta Liga Indonesia. Baik klub dari Liga 1 hingga Liga 3 diberi kesempatan yang sama untuk mengikuti kompetisi tersebut. Kabarnya sudah ada 64 klub yang secara resmi telah menerima surat edaran dari PSSI.

Untuk format dari Piala Indonesia kali ini akan menggunakan sistem gugur yang terbagi menjadi 6 babak. Ke-64 peserta akan bertanding untuk memperebutkan posisi di 32 besar dan akan terus berlanjut hingga putaran final. Format tersebut tidak akan berubah hingga babak final digelar pada tahun 2023 nanti.

Yang menarik dari Liga Indonesia kali ini bukan hanya hadiah yang diberikan untuk pemenang. Klub yang menjadi pemenang akan menjadi wakil Indonesia dalam turnamen AFC Cup di tahun depan. Seperti halnya PSM Makassar selaku juara Piala Indonesia terakhir kali yang menemani Bali United di AFC Cup tahun ini.

Antusiasme Klub Tinggi

Pelaksanaan Piala Indonesia yang dipastikan bergulir bersamaan dengan Liga 1 tersebut rupanya disambut antusias oleh klub-klub Indonesia. Belum lagi kompetisi tersebut akan menjadi akang bertemunya klub dari 3 kasta Liga. Salah satu klub yang menyambut dengan baik adanya kompetisi itu adalah Arema FC.

Melalui Sudarmaji yang menjabat sebagai media officer, Arema sangat antusias dengan kabar tersebut dan bahkan memberikan apresiasi. Apalagi Arema juga pernah merasakan juara di Liga Indonesia tepatnya edisi pertama di tahun 2005 lalu. Menurut Sudarmaji, adanya Piala Indonesia semakin menunjukkan semangat dari sepak bola di Indonesia untuk semakin maju.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Aji Santoso sebagai pelatih dari Persebaya Surabaya. Menurut Aji Santoso, adanya turnamen ditengah-tengah kompetisi Liga 1 adalah suatu hal yang bagus dan sudah biasa dilaksanakan di Eropa. Belum lagi Persebaya juga belum pernah merasakan juara di kompetisi tersebut.

Ketika ditanya target untuk Piala Indonesia tahun ini, Aji Santoso masih enggan untuk menjawab. Sang pelatih beralasan jika pihaknya masih perlu untuk berdiskusi dengan manajemen serta tim kepelatihannya. Persebaya sendiri menjadwalkan TC ke Yogyakarta dalam waktu dekat sebagai persiapan untuk Liga 1.

Jika melihat keuntungan yang akan diterima oleh sang juara, tentu saja klub-klub tersebut sangat antusias. Berpartisipasi dalam AFC Cup yang tingkatannya Internasional tentu menjadi impian klub-klub Indonesia. Patut dinantikan siapa yang akan menjadi penerus PSM Makassar dalam menjuarai Liga Indonesia tahun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here