Sejumlah Klub Akan Mengikuti Turnamen Pramusim Di Solo

0
180
Sejumlah Klub Akan Mengikuti Turnamen Pramusim Di Solo

Debatbola.com – Turnamen pra musim kembali akan digelar di tanah air. Setelah sebelumnya ada Piala Menpora dan Nine Sport, kini gelaran pra musim kembali dicanangkan. Turnamen tersebut bernama Piala Walikota Solo yang langsung direncanakan oleh sang walikota, Gibran Rakabuming.

Turnamen Nine Sport Belum Ada Kabar

Sejak pertengahan bulan Mei lalu tersiar desas-desus mengenai turnamen pra musim yang akan mengundang klub Eropa. Namun hingga saat ini, belum ada kabar yang jelas mengenai turnamen tersebut dari pihak penyelenggara, Nine Sport.

Persija Jakarta yang dulu dikabarkan menjadi pihak inisiator menepis dugaan tersebut. Pihak Macan Kemayoran menjelaskan bahwa perihal mengenai turnamen bentukan Nine Sport itu tidak masuk dalam rencana klub.

Pihak PSSI yang merupakan federasi persepakbolaan tertinggi di Indonesia diberitakan menegur pihak Nine Sport. Tidak adanya komunikasi di antara kedua pihak tersebut disebut-sebut menjadi permasalahan.

Bali United Dan Arema Ambil Bagian

Sementara itu sudah ada beberapa klub yang setuju dan akan ambil bagian dari turnamen Piala Walikota Solo. Bali United menjadi klub yang telah memastikan langkah mereka terhadap Piala Walikota Solo. Manajemen tim menjelaskan bahwa langkah mereka untuk ambil bagian adalah rangkaian tim dalam persiapan menjelang AFC Cup.

Selain itu ada juga Liga 1 yang sebentar lagi akan bergulir. Untuk itulah pihak dewan klub menyetujui tawaran untuk bermain di turnamen tersebut. Mereka juga disebut-sebut tidak akan main-main dan serius dalam menghadapi tiap laga.

Sementara itu Liga 1 sendiri dijadwalkan akan mulai diselenggarakan pada bulan depan. Tepatnya pada tanggal 10 Juli mendatang. Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan gelaran AFC Cup, dimana hingga saat ini pihak penyelenggara belum menunjuk tuan rumah.

Setelah pihak Serdadu Tridatu ada lagi klub yang sudah pasti ikutan dalam turnamen ini. Klub tersebut adalah klub asal Jawa Timur dari kota Malang, Arema FC. Perwakilan klub yang dimintai keterangan menjelaskan bahwa pihak klub telah mendapatkan surat resmi dan memastikan akan ikut.

Selain Bali United dan Arema FC, terdapat enam klub lagi yang akan bermain di turnamen itu. Yang menjadikan gelaran pra musim ini semakin kompetitif dengan menghadirkan klub-klub yang dihuni pemain berkualitas.

Ada tuan rumah Persis Solo dan perwakilan Liga 1 dan Liga 2. Perwakilan Liga 1 Indonesia lainnya ada klub-klub yang berpotensi menjadi juara seperti Persib Bandung dan Bhayangkara FC. Serta perwakilan Liga 2 ada RANS Cilegon FC, Dewa FC dan PSG Pati.

Dimainkan Di Solo

Adapun dari namanya Piala Walikota Solo, diinisiasi langsung oleh sang walikota, Gibran Rakabuming. Maka sudah bisa dipastikan bahwa kota Solo akan menjadi tempat penyelenggaraan ajang pra musim tersebut.

Kejuaraan tersebut akan dimainkan dengan tenggat waktu selama tujuh hari. Sementara itu untuk jadwal pertandingan akan dimulai per tanggal 21 hingga partai puncaknya dimainkan pada tanggal 26 Juni mendatang.

Sistem gugur pun menjadi pilihan pihak penyelenggara untuk dimainkan pada turnamen nantinya. Sementara itu sang walikota yang diwawancarai menjelaskan bahwa turnamen ini tidak menggunakan APBD namun murni dari sponsor.

Mengenai pihak klub yang tidak mengikuti ajang ini, sang walikota menyebutkan bahwa itu semua bergantung kepada keputusan klub masing-masing. Banyak klub yang tidak ambil bagian lantaran ingin fokus berlatih.

Selain itu mengenai perihal perizinan, semuanya sudah disiapkan dan jadwal juga telah resmi dirilis seperti tertera di atas. Klub yang mengikuti turnamen seluruhnya akan memperebutkan total hadiah Rp. 1,1 Milyar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here