Sebelumnya Lakukan Gol Bunuh Diri Saat Bersua Austria, Sekarang Donyell Malen Muncul Sebagai Pahlawan Belanda Di Babak 16 Besar

0
21

Debatbola.com – Donyell Malen adalah sosok yang disorot saat ia melalukan gol bunuh diri melawan Austria pada fase grup kompetisi Euro 2024. Namun, ia tidak patah arang dan justru menjadi pahlawan atas kemenangan Belanda saat bersua Rumania di babak 16 besar kompetisi Euro 2024.

Bertemu di Allianz Arena pada hari Selasa, 02 Juli 2024, Tim Oranje mampu menyudahi perlawanan Austria dengan skor mencolok 3-0. Belanda membuka kran gol di babak pertama melalui aksi Cody Gakpo. Memasuki babak kedua, Belanda tampil lebih apik dan mampu menambah dua gol lagi melalui aksi Donyell Malen.

Penampilan apik dari Malen tentu menjadi bukti bahwa ia telah bangkit setelah sebelumnya ia menuai banyak kritikan atas gol bunuh diri yang ia lakukan. Penampilan ia saat itu juga dinilai tidak begitu bagus di lini serang Timnas Belanda.

Donyell Malen melakukan gol bunuh diri saat Tim Oranje kalah dengan skor tipis 2-3 dari Timnas Austria. Malen melalukan gol bunuh diri ketika pertandingan baru berjalan dalam waktu lima menit 48 detik. Akibat salah mengantisipasi bola umpan silang dari Alexander Prass membuat bola tersebut justru masuk ke dalam gawang Belanda sendiri.

Gol bunuh diri ini juga mencatatkan rekor sebagai gol bunuh diri tercepat di sepanjang sejarah kompetisi Euro. Tidak hanya itu, Donyell Mallen juga mencatatkan nama sebagai orang pertama di Timnas Belanda yang melakukan gol bunuh dalam kompetisi Euro.

Meski sebelumnya melakukan gol bunuh diri, juru latih Timnas Belanda, Ronald Koeman justru masih memberikan kepercayaan kepada Donyell Malen saat Belanda menjalani babak 16 besar kontra Timnas Rumania. Saat itu, Malen tampil dari bangku cadangan dan dimasukkan untuk menggantikan posisi Steven Bergwijn pada babak kedua.

Diluar dugaan, Malen justru tampil luar biasa dan sukses mencetak dua gol sekaligus saat masuk ke dalam lapangan. Gol Malen diciptakan pada menit yang ke-83 dan injury time babak kedua melalui skema serangan balik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here