Sebelum ke Chelsea, Juan Mata Nyaris Gabung Arsenal

0
272
Sebelum ke Chelsea, Juan Mata Nyaris Gabung Arsenal

Debatbola.com – Sudah enam musim Juan Mata membela Manchester United. Tapi sebelum di United, gelandang asal Spanyol ini mengawali kariernya di Premier League dengan membela Chelsea. United merekrut Mata dari Chelsea pada 2014 dengan nilai transfer 37 juta poundsterling.

Chelsea sendiri mendapatkan Mata tiga tahun sebelumnya. The Blues memboyong Mata dari Valencia dengan nilai transfer 23 juta poundsterling. 

Usut punya usut, ternyata Mata sebetulnya hampir gabung kesebelasan London lainnya, Arsenal, sebelum hijrah ke Chelsea. Pada 2011, Arsenal ingin mendapatkan Mata sebagai pengganti Cesc Fabregas yang pindah ke Barcelona dan Samir Nasri yang gabung Manchester City. 

Manajer Arsenal saat itu, Arsene Wenger, menjadikan Mata sebagai bidikan utama. Bahkan pelatih asal Perancis itu sudah mengirim pemandu bakat ke Spanyol untuk memantau perkembangan Mata yang kala itu masih berusia 21 tahun.

Dilansir The Athletic, Arsenal juga sudah mengirim Denis Law untuk bernegosiasi langsung dengan keluarga Mata. Keseriusan Arsenal inilah yang membuat Mata siap gabung The Gunners kala itu. 

“Kemudian kami tinggal menunggu. Juan (Mata) sudah pasti ingin pindah ke Arsenal, tidak perlu dipertanyakan lagi,” kata Law pada The Athletic. 

Akan tetapi meski Mata bersedia berseragam Arsenal, ternyata negosiasi Arsenal dengan Valencia sebagai kesebelasan pemilik Mata berjalan macet. Valencia bersikukuh hanya ingin melepas Mata di angka 37 juta euro.

Angka tersebut dinilai sangat tinggi buat Arsenal. Apalagi sebelumnya, rekor transfer termahal Arsenal pun hanya 18 juta euro saat memboyon Jose Antonio Reyes. Butuh dua kali lipat untuk mendapatkan Mata.

Di saat negosiasi yang alot antara Arsenal dan Valencia, di situlah Chelsea datang dengan tawaran yang lebih tinggi dari Arsenal. Valencia pun tak berpikir lama untuk melepas Mata ke Chelsea karena tawaran The Blues paling menggiurkan.

Meski gagal mendapatkan Mata, pemandu bakat Arsenal tak pulang ke Inggris dengan tangan kosong. Mereka merekomendasikan gelandang Spanyol lainnya, Santi Cazorla, sebagai alternatif pengganti Mata. Setahun kemudian, Cazorla direkrut Arsenal dengan nilai transer 10 juta poundstlering. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here