Schalke 04 Resmi Degradasi dari Bundesliga

0
478
Schalke 04 Resmi Degradasi dari Bundesliga
Sumber : https://site-cdn.givemesport.com/images/21/04/21/1d4e85db05e60d7a299cbb333064b353/1216.jpg

Debatbola.com – Schalke 04 menelan kekalahan dari Arminia Bielefeld pada pekan ke-30. Kekalahan tersebut nyatanya mengakhiri perjalanan mereka di Bundesliga. Sisa empat pertandingan dan selisih 17 poin dari peringkat ke-15, Schalke 04 resmi degradasi dan berlaga di Bundesliga 2 musim depan.

Musim ini segalanya berjalan sangat buruk bagi Schalke. Mereka hanya menang dua kali dari 30 pertandingan yang sudah dijalani. Kemenangan sangat enggan menghampiri klub berjuluk The Royal Blues tersebut.

Pergantian pelatih sudah dilakukan, bahkan sampai lima kali dalam satu musim. Awal musim dilatih oleh David Wagner, namun dipecat pada September. Manuel Baum penggantinya hanya bertahan tiga bulan. Sempat dilatih oleh Huub Stevens, Christian Gross menjadi pelatih Schalke keempat musim ini. Sayangnya gaya kepelatihan Gross tak disenangi para pemainnya sehingga ia pun digantikan oleh Dimitrios Grammozis pada Maret.

Apa yang ditunjukkan Schalke musim ini memang di luar ekspektasi. Mereka sempat menjadi salah satu klub yang disegani. Tiga tahun lalu, mereka berhasil menjadi runner-up liga. Mereka juga sempat menjadi semifinalis Liga Champions pada 2011.

Para pemain seperti Leroy Sane, Manuel Neuer, Julian Draxler, hingga Mesut Ozil merupakan produk akademi Schalke. Mereka kini bermain di klub besar seperti Bayern Munich, PSG, dan Ozil sempat memperkuat Arsenal sebelum kini membela Fenerbahce.

Nasib degradasi ini menjadi yang pertama bagi Schalke setelah 30 musim beruntun berlaga di divisi teratas sepakbola Jerman. Mereka mengikuti jejak klub Jerman populer lain yang terdegradasi pada 2018, Hamburg SV.

Terdegradasinya Schalke juga sempat membuat para suporternya marah. Usai pertandingan melawan Arminia, sejumlah pemain dikejar oleh suporter yang ingin meluapkan amarahnya.

“Aku rasa para pendukung sangat kecewa,” kata mantan pemain Schalke, Kevin Kuranyi. “Seperti yang kalian tahu Schalke adalah klub besar dan bukan klub yang pantas berlaga di divisi dua.”

“Schalke punya tradisi dan sejarah yang hebat, mereka punya banyak memori indah di masa lalu. Jadi sangat sulit buat para fans menerima kenyataan ini. Aku rasa dua atau tiga tahun ke depan akan menjadi masa yang sulit buat klub, dan tentu buat para suporter juga.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here