Sarri Takkan Sungkan Cadangkan Pemain Bintang Juventus

0
282
Sarri Takkan Sungkan Cadangkan Pemain Bintang Juventus

Debatbola.com – Juventus berhasil mempertahankan puncak klasemen sementara Serie A pekan ke-22. Menghadapi musuh bebuyutan, Fiorentina, Si Nyonya Tua menang dengan skor cukup telak, 3-0.

Permainan Juventus sebenarnya tidak terlalu istimewa pada laga ini. Ketiga gol yang dicetak berasal dari bola mati: dua penalti dan satu sepak pojok. Dua penalti dieksekusi Cristiano Ronaldo, sementara sepak pojok berhasil dimanfaatkan Matthijs de Ligt.

Yang jadi sorotan, Juventus tidak memainkan sejak menit pertama salah satu pemain andannya, Paulo Dybala. Juventus lebih memilih trio Ronaldo, Gonzalo Higuain, dan Douglas Costa. Costa cenderung dipaksakan karena posisi idealnya adalah pemain sayap. 

Pelatih Juventus, Maurizio Sarri, merasa hal seperti ini tidak perlu dibesar-besarkan. Menurutnya saat ini Juventus sedang dalam kekuatan penuh, tanpa ada satu pun pemain yang mengalami cedera cukup parah.

“Kami punya banyak pemain yang ofensif di level luar biasa,” ujar Sarri usai pertandingan. “Ada banyak solusi di lini depan, tapi tidak mudah menyatukan mereka secara bersamaan.”

Juventus memainkan pola dasar 4-3-1-2 atau 4-1-2-1-2. Douglas Costa yang biasanya bermain di pos sayap diplot sebagai gelandang serang yang beroperasi di depan kotak penalti lawan. Tapi saat menguasai bola, ia tetap harus berada di sisi lapangan.

“Sebenarnya aku lebih ingin memainkannya di posisi yang lebih melebar,” kata Sarri. “Ketika Anda meninggalkan seseorang seperti Dybala, Anda akan merasa terancam, tapi itu biasa. Aku tetap harus membuat segalanya seimbang.”

Mudah bagi banyak orang untuk mengatakan bahwa trio terbaik Juventus adalah saat mereka memainkan Ronaldo, Higuain dan Dybala. Tapi pada kenyataannya, Sarri kesulitan memaksimalkan mereka secara bersamaan karena punya gaya permainan yang tidak saling mendukung.

“Anda tetap harus mengorbankan karakter para pemain ini, seperti memainkan Ronaldo yang bisa memanfaatkan area sayap lawan. Tapi itu bakal percuma (karena tidak cocok),” eks pelatih Napoli dan Chelsea tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here