Sandy Walsh Buka Peluang Tampil Berseragam Merah Putih

0
223
Sandy Walsh Buka Peluang Tampil Berseragam Merah Putih

Debatbola.com – Nama Ezra Walian mencuat setelah striker Persib Bandung itu secara resmi dibolehkan memperkuat timnas Indonesia. Kini nama pemain berdarah Indonesia lainnya juga mencuat. Pemain tersebut adalah Sandy Walsh.

Direktur Teknik skuat Garuda, Indra Sjafri menjadi sasaran kekecewaan sang pemain akibat tak kunjung diproses perihal naturalisasinya. Sandy Walsh kabarnya sangat tertarik untuk bergabung dan membela skuat Garuda.

Kekecewaan itu bukan tanpa alasan. Pasalnya bek sayap klub liga Belgia, KV Mechelen itu berpeluang tampil di sisa gelaran World Cup Qualification lalu. Namun dirinya kembali batal berseragam Merah Putih.

Berbicara Dengan Jhon Van Beukering

Sandy Walsh juga sempat melakukan kontak dengan mantan punggawa Indonesia yang juga berasal dari proses naturalisasi, Jhon Van Beukering. Dirinya pun menyebutkan bahwa pelatih timnas sudah sepakat untuk menggunakan jasanya. Akan tetapi itu semua harus melewati sang Direktur Teknik yang mana semua proses akan dilakukan oleh Indra Sjafri.

Mantan punggawa KRC Genk itu juga membandingkan dirinya dengan rekannya di liga Belgia yang memperkuat FC Midtjylland. Dimana pemain yang dimaksud adalah Dion Cools pemain asal Belgia yang lahir di Malaysia kini telah memperkuat tim negeri Jiran.

Padahal keduanya memulai dalam waktu yang cenderung bersamaan namun proses dan waktu tempuhnya berbeda. Bek sayap FC Midtjylland telah melakukan debutnya bagi timnas Malaysia kala menghadapi UEA lalu.

Sementara itu Jhon Van Beukering lantas tidak hanya mendengarkan curhat dari juniornya itu saja. Tetapi mantan punggawa Pelita Jaya era 2010/2011 itu lalu mengingatkan PSSI terhadap naturalisasi pemain yang mandek. Akan tetapi hingga sekarang belum ada tindakan lebih lanjut.

Selain Sandy Walsh, Jhon Van Beukering juga menyebutkan nama-nama pemain lainnya yang mengalami kesulitan. Mereka adalah bek kanan pinjaman dari Fiorentina kepada Aarhus GF, Kevin Diks dan gelandang HNK Gorica, Joey Suk.

Berpeluang Tampil Di Playoff Piala Asia

Sementara itu jika prosesnya berjalan lancar maka Sandy Walsh sangat berpotensi untuk tampil perdana di gelaran playoff Piala Asia. Dimana Indonesia harus bertanding di babak tersebut lantaran menjadi juru kunci klasemen grup G dengan hanya mengemas satu poin.

Tim Garuda tergabung di pot kedua yang diisi oleh Bangladesh, China Taipei, Yaman dan Kamboja. Timnas Indonesia pun berpotensi besar akan bertemu lawan-lawan seperti Myanmar, Nepal, Sri Lanka dan Maladewa serta Hongkong. Proses undian baru akan dimulai per tanggal 24 Juni mendatang di Malaysia.

Pertandingan pertama playoff sendiri akan diselenggarakan pada tanggal 2 September mendatang. Sementara itu pertandingan keduanya akan kembali dimainkan lima hari setelahnya yakni pada tanggal 7 September.

Pelatih timnas, Shin Tae Yong diberitakan telah memberikan kode kepada Sandy Walsh bahwa dirinya sangat diinginkan pelatih tersebut. Maka bukan tidak mungkin bek sayap kelahiran Brussel itu bisa turun membela panji garuda.

Prestasi Sandy Walsh

Sandy Walsh musim ini bermain bagi klub Jupiler Pro League atau divisi teratas liga Belgia, KV Mechelen. Sebelumnya pemain berusia 26 tahun ini diboyong klubnya saat ini dari klub Jupiler Pro League lainnya, SV Zulte Waregem.

Perpindahannya dilakukan pada Oktober 2020 silam dengan status bebas transfer. Musim ini sendiri, Sandy Walsh tampil sebagai pemain inti dibawah asuhan pelatih, Wouter Vrancken. Sayangnya klubnya hanya mampu finish di posisi kedelapan musim reguler.

Mengenai jumlah trofi yang telah direngkuhnya, Sandy Walsh pernah menjuarai satu trofi bersama mantan klubnya, KRC Genk. Trofi itu adalah Piala Belgia yang dijuarainya pada musim 2013 silam. Di pertandingan internasional sendiri dirinya juga pernah menjuarai EURO U17 bersama timnas Belanda junior tahun 2012.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here