Sama-Sama Tersingkir Di Piala AFF, Vietnam Dan Thailand Disindir PSSI

0
39

Debatbola.com – PSSI tengah mengajukan protes pada AFF terkait adanya kecurangan di Piala AFF fase grup kemarin. Kecurangan tersebut terlihat di pertandingan antara Vietnam dan Thailand yang diduga main mata demi bisa lolos bersama. Akibatnya, Timnas Indonesia gagal masuk semifinal di Piala AFF di tahun ini dengan cara yang cukup menyakitkan.

Rupanya perjalanan Vietnam dan Thailand di Piala AFF tahun ini harus terhenti di babak semifinal. Pasalnya Vietnam dan Thailand sama-sama kalah telak dari lawannya masing-masing yang membuat keduanya harus tersingkir. Melihat hasil tersebut, PSSI langsung mengunggah postingan sindiran untuk kedua negara itu.

Sindiran PSSI

Vietnam dan Thailand diduga bekerja sama di pertandingan terakhir grup A yang membuat Indonesia tersingkir di Piala AFF. Situasi tersebut membuat publik dan PSSI geram yang berujung protes resmi ke AFF terkait kasus tersebut. Namun rupanya nasib baik tidak menghampiri Vietnam dan Thailand di kompetisi tersebut.

Setelah main mata yang membuat Indonesia gugur, kini Vietnam dan Thailand juga tersingkir dari Piala AFF tahun ini. Timnas U-19 Vietnam harus menyerah kalah pada Timnas U-19 Malaysia dengan skor telak 3-0. Sementara itu, Timnas U-19 Thailand juga disingkirkan Timnas U-19 Laos dengan skor akhir 2-0.

PSSI gerak cepat mengunggah postingan bernada sindiran pasca hasil buruk yang diperoleh kedua negara itu. Postingan yang diunggah di akun resmi PSSI itu berupa sebuah foto dari Shin Tae-Yong yang memasang ekspresi terkejut. Foto tersebut seakan-akan menggambarkan ketidakpercayaan PSSI atas hasil yang didapat Vietnam dan Thailand.

Tidak lupa PSSI juga menambahkan caption emoji berupa dua mata yang terbuka lebar di postingan tersebut. Emoji tersebut seakan mengisyaratkan rasa heran Indonesia atas kegagalan dua negara itu melaju ke final. Dengan tambahan emoji itu semakin memperkuat jika postingan tersebut menyindir Vietnam dan Thailand yang telah bermain mata.

Sontak postingan dari PSSI itu dibanjiri komentar para warganet baik yang diposting di Instagram maupun Twitter. Ada salah satu akun yang menuliskan jika postingan PSSI adalah bentuk sindiran dengan gaya. Bahkan juga ada yang berkomentar jika apa yang diperoleh Vietnam dan Thailand adalah bentuk karma dari kecurangannya.

PSSI mengunggah postingan sindiran tersebut bukanlah tanpa alasan yang kuat. Federasi sepak bola di Indonesia itu masih sakit hati dengan Vietnam dan Thailand di laga pamungkas kemarin. Jika kedua negara itu bermain dengan fair play, maka Indonesia dipastikan melaju ke semifinal Piala AFF.

Respon Vietnam

Rupanya postingan sindiran dari PSSI itu langsung direspon dengan cepat oleh The Thao 247. Seperti yang diketahui, media asal Vietnam tersebut beberapa kali menyindir Indonesia. Bahkan media tersebut sempat mengupas rekor buruk Shin Tae-Yong setelah PSSI menuduh Vietnam dan Thailand main mata.

Pasca PSSI memposting sindiran, The Thao 247 langsung memposting berita yang bertajuk federasi sepak bola Indonesia yang mengejek Vietnam serta Thailand. Menurut The Thao 247, PSSI mengejek kedua negara itu lantaran kalah di semifinal Piala AFF. Bahkan media itu juga menyoroti emoji mata yang digunakan PSSI.

Menurut The Thao 247, kekalahan yang diterima oleh Vietnam dan Thailand menuai beragam respon dari netizen. Namun, aksi dari PSSI dinilai yang paling menonjol dibandingkan respon netizen lain. The Thao 247 mengatakan jika postingan itu adalah bentuk ejekan tuan rumah terhadap dua rival terbesarnya di Asean.

Tetap Dituntut Keluar AFF

Tersingkirnya Vietnam dan juga Thailand di Piala AFF tahun ini rupanya masih belum mampu membuat pecinta sepak bola Indonesia puas. Pendirian para pendukung timnas tersebut tetap kuat dengan ingin PSSI keluar dari AFF. Netizen berharap jika PSSI dan Menpora tetap mendengarkan masukan pecinta sepak bola Indonesia.

Sebagai negara yang besar, netizen tidak ingin Indonesia dipermainkan oleh negara lain. Menurut beberapa netizen, kekalahan Thailand dan Vietnam itu memang disengaja untuk meredam kemarahan pendukung Timnas Indonesia. Selain itu AFF ingin mencegah keluarnya PSSI dari AFF dengan membuat kedua negara itu tersingkir.

PSSI sendiri memang tengah mengajukan tuntutan pada AFF mengenai kecurangan yang dilakukan Vietnam dan Thailand. Sebagai bukti, PSSI telah mengirimkan rekaman saat Vietnam melawan Thailand di laga terakhir fase grup. Kini tinggal menunggu keputusan AFF mengenai tuntutan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here