Sah, Pratama Arhan Bergabung Dengan Tokyo Verdy

0
70

Debatbola.com – Diminati banyak klub luar negeri membuat pelabuhan selanjutnya Pratama Arhan terus menjadi tanda tanya. Bek terbaik Timnas Indonesia tersebut beberapa kali dikaitkan dengan klub-klub luar namun semuanya masih sekedar rumor belaka. Baru-baru ini mulai muncul nama klub luar yang berhasil mengontrak pemain berusia 20 tahun tersebut

Kini secara sah Pratama Arhan sudah bergabung dengan salah satu klub kasta kedua Liga Jepang, Tokyo Verdy. Kabarnya, klub tersebut sudah sangat lama mengincar pemain kelahiran Blora tersebut namun baru bisa merekrut saat ini. Pratama Arhan kini mengikuti jejak beberapa legenda Indonesia seperti mendiang Ricky Yacobi, Stefano Lilipaly dan Irfan Bachdim yang juga pernah berkarir di Jepang.

Diincar Sejak Lama

Nama Pratama Arhan kian melejit saat dirinya berpartisi dalam Piala Suzuki AFF 2020 lalu. Performa apiknya yang mampu membawa Timnas Indonesia ke Final kemudian membuat dirinya dianugerahi sebagai pemain terbaik dalam ajang tersebut. Penampilan impresif Pratama Arhan rupanya mampu menarik minat dari sejumlah klub luar negeri.

Tokyo Verdy menjadi salah satu klub yang meminati Pratama Arhan dan berniat mendatangkan bek berusia 20 tahun tersebut. Klub yang berasal dari Liga kasta kedua Jepang tersebut rupanya telah lama mengincar Arhan bahkan sejak Piala AFF belum dimulai. Tepatnya sejak Agustus tahun lalu klub tersebut mulai mengamati Arhan dan melakukan pendekatan akhir-akhir ini.

Tokyo Verdy sebenarnya ingin melakukan tes terlebih dahulu dengan membawa Pratama Arhan ke tempat latihan di Jepang. Namun sayang niat tersebut tidak bisa terwujud lantaran adanya badai Covid-19 yang terus menghantui sampai saat ini. Berdasarkan hasil negosiasi dengan petinggi klub, akhirnya Tokyo Verdy sepakat merekrut Pratama Arhan di bulan ini.

Sah Bergabung

Rabu tanggal 16 Februari, Tokyo Verdy resmi mengumumkan dalam laman resmi milik klub tersebut atas bergabungnya Pratama Arhan. Tokyo Verdy menuliskan jika klubnya sudah mengontrak bek kebanggaan Timnas tersebut secara permanen. Bahkan klub tersebut juga menambahkan kata-kata “Peraih penghargaan pemain muda terbaik di Piala Suzuki AFF 2020” dalam unggahannya.

Adanya badai Covid-19 membuat pihak klub tidak bisa berkunjung ke PSIS Semarang untuk melakukan negosiasi kontrak, namun kesepakatan sudah terjadi. Tokyo Verdy akhirnya bisa merekrut Pratama Arhan secara gratis meskipun kontraknya masih akan berakhir Desember nanti. Menurut keterangan dari sang agen yaitu Dusan Bogdanovic, Arhan dikontrak oleh Tokyo Verdy selama dua tahun lamanya.

Lancarnya proses transfer Pratama Arhan ke Tokyo Verdy rupanya tidak luput dari keterlibatan Yoyok Sukawi selaku CEO dari PSIS Semarang. Yoyok Sukawi menyatakan jika dirinya rela melepas salah satu bek terbaiknya itu secara gratis demi perkembangan dari Arhan. Bagi sang CEO, salah satu wonderkidnya bisa dilirik oleh klub luar adalah kebanggaan tersendiri sehingga tidak masalah meskipun harus melepas secara gratis.

Pratama Arhan sendiri mengaku dirinya sangat bangga bisa berkarir di luar negeri dan menyambut baik tawaran tersebut. Dalam unggahan di akun Instagramnya, Arhan juga mengatakan akan memberikan yang terbaik dan membuat Tokyo Verdy kembali ke Liga utama Jepang. Tak lupa juga Arhan mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang membantu kelancaran transfernya di klub Jepang tersebut.

Ditambah dengan Arhan, kini total lima pemain Timnas didikan Shin Tae-yong yang berhasil berkarir di luar negeri. Anak asuh yang pertama yaitu Asnawi yang baru saja memperpanjang kontraknya dengan Ansan Greeners. Tiga pemain lain yang juga berkarir di luar yaitu Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman dan Elkan Baggott.

Tsubasa Dari Indonesia

Pratama Arhan dikenal dengan lemparan jauhnya yang sangat terkenal terutama sejak Piala AFF kemarin. Bakat Arhan tersebut rupanya memiliki persamaan dengan Kapten Tsubasa Ozora yang merupakan tokoh anime sepak bola Jepang. Bedanya, jika Tsubasa terkenal dengan tendangan jarak jauhnya, maka Arhan dengan lemparan jarak jauhnya.

Setiap lemparan kedalam yang dilakukan Arhan selalu mencapai kotak pinalti dan sering kali berbuah gol. Salah satu lemparan Arhan yang patut diingat yaitu lemparan yang akhirnya berbuah gol dari Egy Maulana Vikri di final piala AFF 2020 leg ke-2. Berkat lemparannya yang selalu berbahaya, Arhan sampai dijuluki Rory Delap-nya Indonesia.

Saat ini, Pratama Arhan masih berada di Indonesia tepatnya di Bali bersama dengan klubnya PSIS pasca dipulangkan dari Piala AFF U-23 2022. Arhan memang masih belum terlihat di lapangan lantaran masih berkutat dengan cedera. Hingga kini Arhan masih belum diturunkan meskipun sudah masuk dalam daftar pemain cadangan saat melawan Persib kemarin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here