Roman Abramovich Segera Jual Chelsea, Siapa Mau Beli

0
66

Debatbola.com – Dampak dari konflik Rusia-Ukraina, Roman Abramovich kini ikut kena imbasnya. Abramovich yang diketahui sebagai orang Rusia dan dekat dengan Vladimir Putin kini posisinya terancam. Sejumlah asetnya terancam dibekukan, dan hal inilah yang pada akhirnya membuat Abramovich dikabarkan serius mempertimbangkan akan menjual klub Chelsea.

Terpaksa Jual Chelsea

Belum lama ini, Roman Abramovich mendapat kebahagiaan berupa keberhasilan tim miliknya, Chelsea, yang menjuarai Piala Dunia Antarklub. Namun, tak lama setelah itu pula, kabar duka nampaknya menghampiri sang taipan Rusia. Aset-aset Abramovich terancam dibekukan, dan hal ini merupakan dampak invasi Rusia di wilayah Ukraina.

Sebagai salah satu miliarder asal Rusia, Roman Abramovich diketahui punya hubungan akrab dengan presiden Rusia, Vladimir Putin. Yang menjadi masalah adalah Putin kini menjadi otak penyerangan Rusia terhadap Ukraina. Akibat serangan ini, pemerintah Inggris kini gencar memberi sanksi yang menyasar miliarder-miliarder Rusia yang punya aset di Inggris.

Roman Abramovich tentu saja ikut terancam, dan kini, beberapa sumber menyebutkan bahwa aset-aset sang taipan terancam dibekukan. Karena tidak ingin Chelsea terlibat dalam masalah pribadinya, Abramovich baru-baru ini resmi mundur dari kepengurusan Chelsea. Ia menyerahkan mandat kepada yayasan amal klub, serta orang-orang kepercayaannya.

Rupanya, langkah yang diambil Abramovich bukan sekadar mundur dari kepengurusan, tetapi ia juga kabarnya bakal sepenuhnya meninggalkan Chelsea. Artinya, Abramovich tidak akan lagi menjadi pemilik Chelsea. Dengan kata lain, Abramovich kabarnya sedang mempertimbangkan opsi untuk menjual klub yang selama ini telah ia besarkan.

Melansir ESPN, pemerintah Britania Raya dikabarkan bakal mulai bertindak menjatuhkan sanksi terhadap Abramovich. Chelsea, sebagai salah satu aset terancam dibekukan dalam waktu dekat. Jika sampai pembekuan ini terjadi, maka Chelsea akan mati, tidak bisa dijual, dan Abramovich sendiri tidak bisa menyuntikkan dana untuk membangun klub.

Siapa Mau Beli Chelsea?

Melihat kabar bahwa Chelsea bakal dijual, menarik rasanya membahas siapa orang yang berpotensi membeli klub asal London tersebut. Sejauh ini, Media wahana888 memiliki  setidaknya punya tiga kandidat pemilik baru. Ketiganya antara lain Hansjörg Wyss, seorang miliarder asal Swiss, Todd Boehly, pebisnis asal AS, dan Sir Jim Ratcliffe, orang terkaya di Britania Raya.

Dari tiga nama tadi, Hansjörg Wyss menjadi nama yang paling potensial menjadi pemilik baru The Blues. Pasalnya, menurut ESPN, Wyss secara khusus telah mendapat tawaran untuk membeli Chelsea, langsung dari Abramovich. Abramovich sendiri kabarnya memasang harga di angka 3 miliar poundsterling.

“Sekarang, Abramovich sedang berusaha menjual semua villa miliknya yang ada di Inggris.” Tutur Wyss, seperti mengutip dari sesi wawancara bersama surat kabar Swiss, Blick. “Dia juga ingin melepas Chelsea secepatnya sekarang. Saya, bersama dengan tiga orang lain sudah mendapat tawaran untuk membeli Chelsea dari Abramovich sendiri.”

Akhir Roman Empire Chelsea

Jika Abramovich sampai menjual Chelsea dan klub asal London Barat itu jatuh ke tangan orang lain, maka bisa jadi, ini merupakan titik kemunduran The Blues. Seperti kita tahu, di era ‘Roman Empire’ Chelsea dikenal jor-joran belanja pemain. Abramovich tak segan mengeluarkan dana berapa pun demi mendapatkan pemain atau pelatih kelas wahid.

Namun, sifat jor-joran yang dilakukan Abramovich selama kepemimpinannya di Chelsea bukan tak berarti apapun. Sejak membeli Chelsea dengan mahar 140 juta poundsterling di tahun 2003, Abramovich telah mempersembahkan total 21 gelar buat The Blues. 21 gelar ini sudah termasuk lima gelar Liga Inggris, beserta dua gelar Liga Champions.

Pemilik baru Chelsea belum tentu mau melakukan apa yang sudah dilakukan Abramovich selama hampir 20 tahun menjadi pemimpin ‘Roman Empire’ The Blues. Bisa jadi, pemilik baru Chelsea akan lebih berhati-hati dalam melakukan pengeluaran. Hal ini tentu bisa berdampak pada prestasi klub yang mungkin bakal kian menurun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here