Rodgers: Sterling Gabung Man City Bukan karena Uang

Debatbola.com – Raheem Sterling adalah pemain lulusan akademi Liverpool. Bergabung akademi The Reds sejak usia 16 tahun, pemain keturunan Jamaika itu sukses promosi ke tim utama Liverpool pada usia 17 tahun. 

Penampilan impresif Sterling bahkan membuatnya mampu menjadi andalan Liverpool, bukan hanya jadi pelengkap bangku cadangan. Per musim 2012/13, ia selalu menjadi pilihan utama di lini depan Liverpool.

Namun kesetiaan Sterling pada Liverpool diuji pada musim 2014/15. Ketika kariernya mulai menanjak bersama Liverpool, tawaran datang dari Manchester City. 

Liverpool sendiri berusaha mempertahankan Sterling. Pelatih Liverpool saat itu, Brendan Rodgers, mengajukan tawaran kontrak baru pada pemain yang sempat bermain untuk akademi Queen Park Rangers tersebut. 

Sebelumnya, gaji Sterling setelah promosi ke skuad utama Liverpool adalah 35 ribu poundsterling per pekan. Begitu datang tawaran dari Man City, Liverpool menawarkan kenaikan gaji tiga kali lipat agar Sterling bertahan. 

Ternyata tawaran itu ditolak oleh Sterling. Ia memilih menerima pinangan Manchester City. City sendiri berani membayar Sterling dengan nilai transfer 44 juta poundsterling. 

Man City sendiri mengiming-imingi gaji besar untuk membujuk Sterling pindah. Kabarnya, City memberi gaji 300 ribu per pekan, atau hamper 30 kali lipat dari gajinya di Liverpool. Gaji besar itulah yang kemungkinan membuat Sterling meninggalkan Liverpool.

Karena gaji besar itu pula Sterling sempat dikritik terlalu mata duitan. Ia dianggap lebih memilih gaji besar dibanding karier. Meskipun begitu, anggapan itu ternyata dibantah oleh Rodgers.

“Kepindahan Raheem Sterling bukan karena uang. Kalau soal uang, dia bisa kok bertahan di Liverpool. Dia cuma mau jadi jadi pemain yang lebih hebat lagi,”kata Rodgers pada Liverpool Echo, Rabu (25/03).

“Saat itu dia berkesempatan gabung ke tim yang dihuni banyak pemain top. Lalu dia pergi ke sana dan berkembang pesat, menjadi seorang juara, seperti yang Anda lihat saat ini.”

Rodgers memang menilai bahwa Sterling telah mengambil keputusan tepat memilih hijrah ke Man City. Bahkan menurutnya, tanpa Sterling, Man City sekarang akan berbeda.

“Aku melihat timnya Pep saat ini kalau tidak ada Sterling, berbeda. Benar-benar pembuktian besar buat pemuda Inggris. Yang aku suka dari Raheem saat muda adalah dia sudah punya impian dan tahu mau jadi apa kelak.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here