Robert Lewandowski Pikul Beban Berat Polandia

0
365
Sumber : bundesliga.com

Debatbola.com – Robert Lewandowski di klubnya musim ini tampil sangat tajam. Perolehan 41 golnya bersama Bayern Munchen merupakan sebuah prestasi yang membanggakan bagi seorang striker. Pasalnya sang penyerang tersebut telah melewati catatan rekor legenda Die Bayern, Gerd Muller.

Sementara itu musim lalu, Robert Lewandowski mampu menghadirkan tiga gelar langsung bagi Bayern Munchen. Musim 2019/2020 merupakan salah satu musim terbaik klub yang berasal dari Bavaria tersebut.

Trigelar trofi berhasil direngkuh oleh anak asuh Hansi Flick. Liga Champions, Bundesliga dan DFB Pokal dengan mulusnya meluncur ke kabinet piala milik Die Bayern. Sang striker, Robert Lewandowski memegang andil yang sangat besar lewat gol-golnya.

Kiprah Di Timnas

Namun di timnas, Robert Lewandowski tidak ditemani kompatriot sekelas Thomas Muller, Joshua Kimmich atau bahkan Manuel Neuer. Sang striker yang memang lahir dan besar di Polandia memutuskan untuk membela negaranya tersebut.

Menjalani debut sejak September 2008 silam, kini Robert Lewandowski merupakan top skor sepanjang masa timnas Polandia. Dengan caps 118 kali bermain, penyerang berusia 32 tahun itu telah menciptakan 66 gol yang berpotensi masih akan bertambah.

Namun kesuksesannya di bidang individual itu tidak serta merta menghadirkan gelar bersama negaranya. Sang striker sejauh ini belum pernah merasakan gelar juara bersama timnas Polandia sejak debutnya di tahun 2008 itu.

Pemain Yang Dibawa Sang Pelatih

Tim yang berjuluk Biało-czerwoni ini tergabung di grup E bersama lawan-lawan dari negara Eropa lainnya. Anak asuh Paulo Sousa bakalan menghadapi Slovakia dan Swedia serta lawan terberat mereka, Spanyol.

Sang pelatih, Paulo Sousa sendiri telah memanggil 26 pemain untuk memperkuat timnya. Dirinya juga tak meninggalkan striker haus gol dengan insting yang sangat tajam, Robert Lewandowski di skuatnya tersebut.

Bahkan, penyerang kelahiran Warszawa itu menjadi kapten bagi negara yang bertetangga langsung dengan Jerman itu. Jabatan itu diembannya sejak diberikan oleh mantan pelatih timnas, Adam Nawalka pada penghujung tahun 2014 silam.

Paulo Sousa yang baru ditunjuk menjadi juru taktik timnas Polandia pada Januari 2020 lalu lebih suka menggunakan formasi 3-4-2-1. Dengan menyisakan satu porsi penyerang, Robert Lewandowski pastinya akan mengisi posisi lini serang tim.

Sang striker itu akan dibantu oleh gelandang Napoli, Piotr Zielinski yang juga dibawa oleh sang pelatih menjadi bagian dari skuatnya. Sementara itu di sektor pertahanan ada bek berpengalaman Kamil Glik yang saat ini membela tim Italia, Benevento.

Urusan penjaga gawang, Paulo Sousa tidak khawatir dengan pilihannya. Pelatih asal Portugal itu membawa kiper utama Juventus, Wojciech Szczesny sebagai penjaga gawang nomor satunya menjelang Euro 2020.

Prediksi Timnas Polandia Di Grup E

Tergabung di grup E, timnas Polandia dihadapkan dengan dua lawan berat. Timnas Swedia dan Spanyol merupakan dua tim nasional yang diprediksi akan membuat anak asuh Paulo Sousa kewalahan ketika saling bertemu.

Untuk urusan timnas Spanyol, memang kubu timnas Polandia dipastikan tidak akan bisa berbuat banyak. Dilihat dari kedalaman skuat, Robert Lewandowski dan kawan-kawan kalah telak bila dibandingkan dengan tim Matador.

Sementara itu untuk timnas Swedia, dengan absennya Zlatan Ibrahimovic yang cedera, membuat asa mereka sedikit cerah. Jika mampu melewati hadangan Swedia dan juga Slovakia maka posisi runner up bisa menjadi milik skuat Paulo Sousa ini.

Atau jika timnas yang berjuluk Biało-czerwoni ini tak sanggup berbicara banyak kala menghadapi Swedia maka ada potensi lolos lainnya. Yakni dengan menjadi negara dengan peringkat ketiga terbaik. Dimana ada empat tim nasional yang akan dipilih saat finish di posisi ketiga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here