Ridle Baku Ingin Debut Sebagai Gelandang di Jerman

Debatbola.comRidle Baku, bek sayap kanan VfL Wolfsburg, masuk nominasi skuat Tim Nasional Jerman untuk pertama kalinya. Hal itu tidak lepas dari cederanya Joshua Kimmich, bek sayap Bayern Munich. Ia mendapatkan cedera ketika membela Bayern melawan Borussia Dortmund pada pertandingan lanjutan Bundesliga 2020/2021 kemarin, Minggu (8/11) dini hari.

Memang Jerman sedang dilanda krisis pemain. Selain Kimmich, Julian Draxler, Kai Havertz Luka Klostermann dan Niklas Sule juga harus absen. Baku dikenal sebagai pemain serba bisa. Selain bek sayap, ia juga bisa bermain sebagai gelandang box-to-box seperti ketika masih memperkuat Mainz.

Baku mulai terbiasa bermain di posisi bek sayap kanan sejak pindah ke Wolfsburg pada bursa transfer musim panas lalu. Baku sukses memainkan peran yang awalnya terpaksa karena Kevin Mbabu dan William cedera.

Tapi pemain keturunan Kongo itu mengaku lebih nyaman bermain sebagai gelandang. “Saya pasti bisa bermain di sana (bek sayap kanan). Tapi saya membayangkan bisa bermain di lini tengah lagi di beberapa momen,” ungkap Baku.

Gaya permainan Baku mirip seperti Naby Keita. Sejauh ini, Baku sudah mencetak satu gol dan dua asis dari seluruh kompetisi yang diikutinya bersama Wolfsburg, “Sebenarnya saya lebih suka bermain sebagai nomor delapan,” sambung Baku.

Ia akan didaftarkan Jerman ketika melawan Republik Ceko dalam pertandingan persahabatan. Kemudian Jerman akan menghadapi Ukraina dan Spanyol dalam pertandingan UEFA Nations League. Sebelumnya, Jerman juga memanggil debutan lainnya, yaitu Felix Uduokhai yang merupakan bek tengah Augsburg. Uduokhai sendiri merupakan produk dari akademi muda Munich 1860.

Uduokhai mampu menantang ekspektasi Augsburg sehingga kesebelasan itu berada di peringkat enam klasemen sementara Bundesliga musim ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here