Revolusi Skuad, Xavi Targetkan Lebih Banyak Fullback

0
33

Debatbola.com – Revolusi skuad menjadi agenda utama Xavi di musim depan, dan agenda utama revolusi itu ternyata adalah memperkuat sektor pertahanan timnya. Selama ini, tidak ada backup yang sepadan untuk kedua full back Barcelona. Jadi, agenda utama Xavi nampaknya adalah mencari opsi di sektor full back sebanyak mungkin.

Masih Ada Kelemahan

Tak dapat dipungkiri bahwa sejak Xavi datang sebagai pelatih baru, Barcelona telah banyak berkembang. Barcelona yang sempat tercecer keluar sepuluh besar kini telah berhasil temukan rute kembali ke papan atas klasemen. Bahkan, Barcelona kini kembali menantang Real Madrid dalam perburuan gelar, walau dengan defisit sepuluh angka.

Tetapi, Barcelona baru saja menerima pukulan berat tatkala mereka disingkirkan Eintracht Frankfurt dari ajang Europa League. Padahal, Azulgrana sempat menjadi favorit untuk menjuarai kompetisi kasta kedua Benua Biru tersebut. Klub besutan Xavi tersingkir setelah kalah 3-2 di Camp Nou, dan kalah 3-4 secara agregat.

Kekalahan atas Eintracht Frankfurt setidaknya menjadi sebuah pertanda bahwa Barcelona asuhan Xavi tidaklah sempurna. Memang, Xavi telah berhasil membawa Barcelona ke jalur yang benar. Tetapi tak dapat dipungkiri, masih ada sejumlah sisi lemah di sana-sini yang harus ditambal sebelum bergulirnya musim Liga Spanyol 2022/2023.

Pentingnya Full Back Baru

Ketika summer transfer dibuka, fokus utama Xavi adalah membenahi lini belakang karena lini belakang Barcelona kekurangan kekuatan. Di sektor bek tengah, Barcelona butuh kekuatan tambahan. Tetapi sejatinya, sektor yang lebih membutuhkan kekuatan tambahan bukanlah sektor bek tengah, melainkan sektor full back.

Mengutip sebuah laporan via 90min, Barcelona dikabarkan sedang mengincar kekuatan tambahan untuk sektor full back. Mendatangkan full back baru kini menjadi sebuah urgensi buat Barcelona. Bagaimana tidak, full back baru dibutuhkan guna menyediakan backup atau bahkan pengganti untuk full back yang sudah ada saat ini.

Sektor bek kiri Barcelona saat ini dihuni Jordi Alba, tetapi dengan usia yang sudah tidak muda lagi, Barcelona tidak bisa berharap Jordi Alba akan ada selamanya. Barcelona butuh bek baru untuk menjadi backup Alba. Mereka juga membutuhkan full back baru yang bisa menjadi pengganti jangka panjang buat Jordi Alba.

Di sisi seberang, Barcelona punya beberapa opsi untuk full back kanan. Tetapi, masa depan para pemain di sektor tersebut sedang tidak pasti. Dani Alves bakal habis kontrak di akhir musim, sementara Sergiño Dest juga rutin diberitakan akan pergi. Full back kanan baru tentu diperlukan guna antisipasi kepergian dua pemain tersebut.

Jangan Lupa Beli Striker

Terlepas dari urgensi mencari bek baru, Barcelona juga perlu memperhatikan bahwa mereka kekurangan kekuatan di sektor serang. Memang, sejak kedatangan Pierre-Emerick Aubameyang, lini depan Azulgrana nampak kembali tajam. Tapi dengan usia yang sudah menginjak 32 tahun, jangan harap Aubameyang akan terus berada di puncak karirnya.

Sejumlah target dipersiapkan guna menambah kekuatan sektor serang. Erling Haaland, sang striker Borussia Dortmund, diyakini menjadi target utama. Tapi semua orang tahu bahwa sang striker muda bakal berharga sangat mahal. Misi Barcelona jelas akan sulit, terlebih, saingan mereka juga klub-klub berduit macam Real Madrid dan Manchester City.

Selain Haaland, Barcelona juga rupanya melirik juru gedor Bayern München, Robert Lewandowski. Striker Polandia itu bakal habis kontrak di akhir musim, dan ada kemungkinan ia tak akan memperpanjang masa bakti. Barcelona ingin mendapatkan Lewandowski, dan banyak media menyebut mereka rela memberikan apapun demi sang striker 32 tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here