Review Final Euro 2020: Jika Inggris Menang, Bakal Ada Tragedi Besar

0
47

Debatbola.com – Kekalahan atas Italia di final Euro 2020 jelas terasa menyesakkan bagi para penggemar timnas Inggris, terutama para warga Inggris sendiri. Tapi siapa sangka, kekalahan ini menyimpan hikmah tersendiri. Sebuah review mengungkapkan bahwa jika Inggris menjadi juara Euro 2020, maka kemungkinan besar bakal terjadi tragedi besar di Inggris.

Hikmah Kekalahan di Final Euro 2020

Tak terasa, pagelaran Euro 2020 sudah hampir setengah tahun berlalu. Namun, cerita-cerita di balik turnamen ini tetap saja menarik untuk dibahas. Bukan cuma semua kisah yang berasal dari dalam lapangan, tetapi juga kisah dari luar lapangan. Salah satu hal yang masih menarik dibahas terkait Euro 2020 adalah soal penggemar.

Seperti yang kita tahu, laga final suatu turnamen tentu menjadi laga yang paling dinanti, terutama bagi penggemar dua tim yang akan berlaga. Demikian pula halnya untuk final turnamen Euro 2020. Timnas Italia kala itu berhasil memenangkan laga, sedang Inggris terpaksa menahan malu di rumah sendiri setelah kalah 3-2 via drama adu penalti.

Inggris memang tak berhasil meraih kemenangan, dan kekalahan di partai final tersebut tentu terasa menyesakkan bagi setiap penggemar Inggris, terutama warga negara Inggris. Namun, siapa sangka, di balik kekalahan itu, ada hikmah tersembunyi. Dalam sebuah review terungkap bahwa jika Inggris juara, maka akan ada tragedi besar di Wembley Stadium.

Sebuah review yang dipimpin oleh Baroness Casey of Blackstock mengidentifikasi beberapa fakta menarik terkait gelaran final Euro 2020 antara Italia vs Inggris kemarin. Dalam review ini, terungkap bahwa ada beberapa “kesalahan fatal” dari segi keamanan. Saking fatalnya, kesalahan ini bisa menyebabkan korban berjatuhan.

Kerusuhan Besar Nyaris Terjadi

Laga final tentunya menjadi laga yang bakal dihadiri banyak orang, kendati tiket untuk laga final tersebut sudah dibatasi. Review yang dipaparkan oleh The Independent ini juga menyebut bahwa penyelenggara gagal melakukan persiapan matang untuk final Euro 2020. Panitia dinilai belum melakukan persiapan untuk menghadapi situasi terburuk.

Situasi buruk itu pada akhirnya terjadi dalam laga final Italia vs Inggris, di mana sekitar 2 ribu orang tanpa tiket memaksa masuk menuju Wembley. Menurut review yang sama, situasi akan kian memburuk jika Inggris juara. Jika Timnas Inggris sampai menang melawan Italia, maka Wembley disebut bakal diserbu 6 ribu orang tak bertiket yang memaksa masuk stadion.

Penyerbuan itu disebut akan terjadi bertepatan dengan keluarnya para penonton bertiket dari stadion. Layanan darurat London bahkan memprediksi bahwa konsekuensi Inggris juara Euro 2020 akan sangat mengerikan. Insiden semacam penyerbuan itu disebut tak cuma ada di Wembley, tapi bakal menjalar sampai ke pusat kota London.

Komentar FA dan Sanksi UEFA

Menanggapi review ini, Kepala Eksekutif FA Mark Bullingham mengungkapkan bahwa FA menerima review yang dipimpin Baroness Casey of Blackstock ini. Bullingham mengakui bahwa FA memang tak memikirkan kemungkinan penyerbuan itu bakal terjadi. Tetapi ia berjanji bahwa FA tidak akan membiarkan penyerbuan semacam itu terjadi lagi.

“Review itu memperjelas bahwa ada beberapa kondisi terkait pertandingan (final) yang bisa berujung pada penyerbuan luar biasa.” Kata Bullingham, seperti dikutip via The Independent. “Tak ada satupun event yang dirancang untuk mengatasi situasi seperti itu. Tapi secara kolektif, kami tidak akan membiarkan hal-hal seperti ini terjadi lagi.”

Atas terjadinya penyerbuan oleh 2 ribu penggemar tak bertiket, FA sendiri sudah mendapat sanksi dari asosiasi sepakbola Eropa, UEFA. UEFA menjatuhi hukuman berupa larangan menghadirkan penonton di laga kandang timnas Inggris berikutnya di kompetisi UEFA. Itu artinya, Inggris tak akan mendapat dukungan penggemar di laga kandang UEFA berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here