Debatbola.com – Sepakbola Jerman kembali bergulir per Sabtu (16/5). Lima laga serentak dimainkan sementara satu laga lainnya digelar dua jam setelahnya. Hingga Selasa dini hari, Bundesliga memainkan seluruh pertandingan pekan ke-26 setelah sekian lama vakum akibat wabah virus corona.

Bagi penggemar sepakbola, kembalinya Bundesliga jelas menjadi dahaga. Namun bagi pemain, masih ada kekhawatiran terhadap keselamatan mereka terhadap COVID-19.

Kapten Borussia Dortmund, Marco Reus, agak menyayangkan keputusan liga kembali bergulir ketika situasi belum aman sepenuhnya. Apalagi terdapat sejumlah syarat dalam menggelar pertandingan, salah satunya pertandingan tak boleh disaksikan penonton.

“Pemain bukan kelinci percobaan atas wabah ini. Sekaran itulah kemungkinannya,” kata Reus pada El Pais. “Memang kita tidak boleh mengeluh. Tapi kami sangat membutuhkan Yellow Wall. Siapapun yang pernah ke Westfalenstadion tahu kekuatan apa yang bisa diberikan dari fans untuk kami para pemain.”

Reus mengakui bahwa sekarang kehidupan telah berubah pasca merebaknya virus corona. Yang bisa dilakukannya saat ini memang hanya mengikuti anjuran dan peraturan mengenai protokol kesehatan. Pemain berusia 30 tahun itu menilai bahwa kita semua masih akan terus berdampingan dengan virus ini.

“Virus ini telah mengubah kehidupan kita. Seluruh dunia telah dan akan terus menghadapinya. Kita semua harus terus memedulikan banyak hal. Kita harus mendengarkan instruksi dari politisi dan orang-orang kesehatan.”

Mengenai kelanjutan liga, Marco Reus sendiri hanya bisa berharap bahwa timnya bisa memanfaatkan momen ini untuk menjuarai liga. Dengan selisih empat poin dari Bayern Munich sang pemuncak klasemen, Reus menilai bahwa kesempatan untuk Dortmund juara masih terbuka.

“Kami empat poin tertinggal dari mereka dan masih harus bermain melawan mereka. Aku ingin menjuarai liga tahun ini dan masih ada kesempatan untuk mendapatkannya, di samping semua masalah yang ada saat ini.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here