Resmi, UEFA Anggap Tottenham Hotspur Menyerah Hadapi Stade Rennais

0
51

Debatbola.com – Ajang Liga Konferensi Eropa saat ini masih menunggu satu kontestan lagi yang akan mengisi slot kosong untuk babak 16 besar. Satu tempat ini rencananya bakal diperebutkan Tottenham Hotspur dan Vitesse, dua tim dari Grup G. Namun, UEFA baru saja mengonfirmasi bahwa Tottenham Hotspur telah dinyatakan menyerah di laga terakhir fase grup dan tidak lolos.

Tottenham Hotspur Tereliminasi

Musim 2021/2022 ini, UEFA memiliki sebuah kompetisi baru bernama Liga Konferensi Eropa, dan turnamen tersebut kini sudah memasuki babak 16 besar. Namun, beberapa waktu lalu, hanya ada 15 klub yang terkonfirmasi lolos. Sedangkan satu tempat tersisa masih diperebutkan Vitesse dan Tottenham Hotspur di Grup G.

Vitesse sementara masih memimpin, yakni menempati urutan ke-2 klasemen Grup G dengan mengemas sepuluh poin, unggul tiga angka dari Tottenham Hotspur. Namun, The Lilywhites sejatinya masih punya kesempatan lolos. Syaratnya, mereka harus bisa menaklukkan Stade Rennais di matchday terakhir fase grup.

Laga antara Tottenham Hotspur menghadapi Stade Rennais awalnya direncanakan bakal digelar pada Kamis (9/12). Namun, Tottenham Hotspur terpaksa meminta laga ditunda karena badai Covid-19 yang menghantam beberapa pemain dan staff mereka. Sayangnya, laga tunda antara kedua kesebelasan tak pernah dilangsungkan sampai sekarang.

Atas kejadian ini, UEFA selaku penyelenggara turnamen akhirnya mengambil langkah tegas. Melansir laman Goal International, UEFA telah mengkonfirmasi bahwa Tottenham Hotspur dinyatakan tersingkir dari turnamen. Karena Tottenham Hotspur tak sanggup menjadwalkan ulang laga, maka mereka dianggap menyerah atas Stade Rennais.

“Menyusul beberapa kasus positif Covid-19 di Tottenham Hotspur, laga Liga Konferensi Eropa antara Stade Rennais yang akan dimainkan tanggal 9 Desember 2021 dibatalkan.” Tulis UEFA lewat sebuah pernyataan resmi. “Kejadian ini diajukan ke badan disiplin UEFA untuk diambil tindakan berdasarkan regulasi Liga Konferensi Eropa (musim 2021/2022).”

“Berdasarkan regulasi disiplin UEFA dan berdasarkan urgensi situasi, badan kontrol, etika dan disiplin UEFA menyerahkan kasus ini pada badan yang berwenang. CEO lalu mengambil keputusan. Berdasarkan aturan, laga Liga Konferensi Eropa antara Tottenham Hotspur dan Stade Rennais dianggap batal, dan Tottenham Hotspur dinyatakan menyerah serta kalah 0-3.”

Kerugian Buat The Lilywhites

Tentunya, keputusan UEFA membatalkan laga antara Tottenham Hotspur melawan Stade Rennais sangat merugikan buat wakil Inggris. Pasalnya, dengan batalnya pertandingan ini, mereka cuma bisa finish di urutan ke-3 klasemen Grup G. Sementara Vitesse yang ada setingkat di atasnya dinyatakan layak mendapat satu tiket tersisa di babak 16 besar.

Usai tersingkir dari Liga Konferensi Eropa, praktis Tottenham Hotspur sudah tidak bermain di kompetisi Eropa manapun di musim ini. Tentu, saja, The Lilywhites kini bisa mengalihkan fokusnya ke kompetisi domestik, Liga Inggris. Tottenham Hotspur kini butuh setidaknya enam poin lagi untuk mengejar Arsenal selaku tim terbawah di zona Liga Champions.

Jadwal Liga Konferensi Eropa

Turnamen Liga Konferensi Eropa sendiri saat ini sudah memasuki babak 16 besar, dan fase ini bakal dimulai pada tanggal 28 April 2022. Adapun leg ke-2 kompetisi ini bakal digelar mulai tanggal 17 Maret 2022. Sehari setelah leg ke-2 selesai, barulah drawing babak perempat final.

Fase pamungkas kompetisi baru UEFA ini sendiri bakal digelar tanggal 25 Mei mendatang, dan Albania dipilih sebagai tuan rumah. Stadion yang bakal menjadi venue laga final sendiri adalah Arena Kombëtare, atau dikenal juga sebagai Air Albania Stadium. Stadion ini berlokasi tepat di Tirana, ibukota Albania, dan merupakan stadion terbesar di Albania.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here