Resmi Menjabat, Pep Guardiola Ingin Membantu Xavi

0
44

Debatbola.com – Xavi kini resmi diumumkan sebagai pelatih baru Barcelona pasca dipecatnya Ronald Kouman yang dianggap tidak kompeten dalam melatih El Barca. Kedatangan pelatih baru tersebut pastinya akan membawa banyak perubahan di internal klub. Perubahan tersebut diharapkan mampu membawa Barcelona ke masa depan yang lebih baik.

PR yang harus dikerjakan mantan pemain berusia 41 tahun tersebut bukanlah perkara yang mudah. Beberapa kali Barcelona mengalami kekalahan menunjukkan bahwa tugas Xavi kini sangat berat. Sebagai mantan pelatih Barcelona, Pep Guardiola ingin membantu Xavi untuk meringankan tugasnya.

Kedatangan Xavi

Xavi Hernandez kini resmi pulang kembali ke Camp Nou sebagai pelatih baru Tim Catalan untuk menggantikan Ronald Koeman. Pelatih baru tersebut akan membesut El Barca di sisa musim ini dan 2 musim selanjutnya. Peresmian Xavi sebagai pelatih baru Barca akan dilaksanakan Senin 8 November nanti.

Xavi Hernandez kini seakan pulang ke rumah karena Blaugrana adalah klub yang dibelanya sejak masih belia hingga menjadi pemain legenda. Pensiun pada tahun 2015, Xavi merupakan produk sukses milik La Masia. Puncak kesuksesan Xavi saat dirinya masih dilatih Pep Guardiola di Barcelona.

Merupakan jebolan akademi milik Barcelona, Xavi ingin meraih kesuksesan yang sama dengan memaksimalkan pemain muda jebolan La Masia. Pemain muda lokalan tersebut dianggap memiliki komitmen ekstra dan dedikasi ekstra karena dibesarkan di Barca. Memang butuh waktu untuk mengembangkan pemain yang masih berusia 17-8 tahun, tetapi sangat penting untuk mempercayai pemain muda tersebut.

Baru akan resmi diumumkan Senin, Xavi kabarnya sudah mulai menyusun rencana untuk membawa kembali kejayaan milik Barcelona. Xavi bahkan membawa 7 asisten baru untuk membantunya dan menggantikan asisten lama yang merupakan bawaan Ronald Koeman. Asisten tersebut diharapkan mampu meringankan kerja Xavi menutupi kekurangan El Barca.

Struktur pemain juga menjadi bagian penting yang akan dirubah oleh Xavi. Kabarnya beberapa pemain sudah masuk dalam list daftar belanja Xavi di bursa transfer yang akan datang seperti Karim Adeyemi, Edinson Cavani, Alexandre Lacazette, Kingsley Coman dan Raheem Sterling. Pemain yang kemungkinan akan dilepas yaitu Luuk de Jong.

Lebih menariknya lagi Xavi akan melatih mantan rekan bermainnya yang kini berada di Barcelona. Kelima mantan rekan bermainnya diantaranya yaitu Kapten tim Barcelona, Sergi Roberto dan 4 pemain lain. Proses adaptasi Xavi akan semakin mudah berkat adanya 5 pemain tersebut.

Bantuan Pep Guardiola

Mendengar kabar jika mantan anak didiknya akan melatih Barcelona, Pep Guardiola tidak berbicara banyak. Pelatih Manchester United tersebut hanya memberi tanggapan jika Xavi akan melakukan tugasnya dengan baik. Guardiola yakin Xavi akan melakukan yang terbaik untuk membawa Barcelona kembali berjaya.

Pep Guardiola langsung mendukung keputusan Xavi melatih Barcelona. Sang pelatih bahkan dikabarkan akan mengirimkan bantuan untuk memperingan tugas mantan anak didiknya itu untuk memperbaiki kualitas klub. Guardiola mengutus Raheem Sterling ke Camp Nou untuk membantu tugas Xavi.

Xavi kemungkinan besar akan memakai skema 4-3-3 untuk formasi permainan di Barcelona di era kepemimpinannya. Raheem Sterling bisa diposisikan sebagai pemain sayap di formasi tersebut. Kemampuan Sterling serta kecepatan dalam mendribling bola akan sangat bagus untuk menyempurnakan skema permainan yang digunakan Xavi.

Kendati sudah direstui oleh Pep Guardiola sendiri, proses perekrutan Raheem Sterling oleh Barcelona tidak akan mudah. Kondisi keuangan Tim Catalan tidak memungkinkan untuk klub tersebut menebus Sterling dari Manchester City. Harga yang ditetapkan The Citizen sulit untuk dipenuhi oleh Blaugrana yang kini sedang mengalami krisis.

Barcelona kini sedang mencari jalan lain demi bisa memboyong Raheem Sterling ke Camp Nou. Klub tersebut kabarnya ingin membawa pemain tersebut dengan status pinjaman dan opsi pembelian. Pihak Man City sendiri masih belum memberi kepastian apakah menerima permintaan Barcelona atau menjual Sterling ke klub lain yang siap membayar tunai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here