Resmi, Douglas Costa Pulang Kampung ke Gremio

0
355

Debatbola.com – Winger Brazil, Douglas Costa akhir-akhir ini jarang dipakai oleh raksasa Italia, Juventus. Usai dipinjamkan ke Jerman, Costa baru saja resmi pulang ke kampung halamannya di Brazil. Pihak Juventus mengonfirmasi bahwa mereka telah meminjamkan Costa ke klub masa kecilnya di Negeri Samba, Grêmio.

Resmi ke Grêmio

Masa depan Douglas Costa bersama Juventus belakangan ini tengah berada dalam ketidakpastian. Sang pelatih, Andrea Pirlo nampaknya sudah tak mau lagi memberi kepercayaan pada pemain asal Brazil tersebut. Costa pun akhirnya dipinjamkan ke mantan klubnya Bayern München dan menghabiskan sisa musim 2020/2021 di sana.

Musim panas ini sejatinya musim kembalinya Costa ke Juventus. Sayangnya, Costa sepertinya memang tak dibutuhkan lagi oleh Juve. Costa yang baru saja pulang akhirnya harus kembali dipinjamkan. Namun kali ini, Juve tidak meminjamkan Costa ke sesama klub Eropa, melainkan ke klub Brazil, Grêmio.

Melalui laman website resminya, Si Nyonya Tua mengkonfirmasi kepindahan Costa ke klub Brazil dengan status pinjaman. Juventus juga menuturkan bahwa Grêmio tak membayar biaya apapun untuk merampungkan proses peminjaman pemain berusia 30 tahun. Costa nantinya bakal memperkuat Grêmio hingga akhir Juni tahun 2022 mendatang.

Sehari setelah Juve mengkonfirmasi kepergian Costa, Grêmio juga ikut mengkonfirmasi kedatangan pemain asal Brazil tersebut. Grêmio mengungkapkan ada klausul spesial yang dimasukkan dalam kesepakatan. Klausul itu menyebut, Grêmio bisa mempermanenkan Costa secara gratis pada Desember 2023 jika Juve tak memberinya kontrak baru di akhir 2021.

Bukan Klub yang Asing

Grêmio sendiri tentu bukanlah klub yang asing bagi Douglas Costa, mengingat klub asal negara kelahirannya itu adalah klub masa kecilnya juga. Costa yang lahir di Sapucaia do Sul memulai karirnya bersama Grêmio di usia 11 tahun. Kemudian, ia mencatatkan penampilan debutnya untuk klub Brazil tersebut di usia 18 tahun, tepatnya di laga kontra Botafogo.

Perjalanan karir yang dilalui Costa di Grêmio juga terbilang tak mudah karena ia sempat dipinjamkan ke berbagai klub agar kemampuannya semakin berkembang. Setelah melihat perkembangan luar biasa Costa di masa peminjaman, Grêmio memanggilnya kembali. Costa pun tampil kian apik, dan bahkan sukses menjadi pemain terbaik Grêmio tahun 2008.

Sang Pemberi Gelar Liga

Pada tahun 2010, Costa memulai karir di Eropa, dan ia ternyata mampu tampil gemilang di Benua yang kerap disebut-sebut sebagai kiblatnya sepakbola itu. Sepanjang berkarir di Eropa, Costa tercatat sukses memberi gelar juara liga untuk setiap tim yang ia bela. Selama 11 tahun di Eropa, Costa bahkan hanya pernah gagal sekali memenangkan liga.

Ketika pertama kali bergabung dengan Shakhtar Donetsk, Costa langsung membantu tim asal Ukraina itu memenangi liga. Hingga tahun 2014 pun, winger asal Brazil itu selalu sukses mengantar timnya menjadi kampiun Liga Ukraina. Sampai pada tahun 2015, Shakhtar harus menyerahkan titel juara Ukraina kepada Dynamo Kiev yang menjuarai liga kala itu.

Masih di tahun yang sama, Costa memutuskan untuk hengkang dari Shakhtar dan bergabung bersama raksasa Jerman, Bayern München. Lagi-lagi, kehadiran Costa membawa keberuntungan bagi tim yang ia bela. Costa membantu Bayern memenangkan dua gelar Bundesliga, sebelum akhirnya dilepas ke Juventus.

Keberuntungan rupanya masih menaungi Costa ketika ia pindah ke Juventus pada tahun 2017. Secara beruntun, Costa membantu Si Nyonya Tua meraih scudetto di musim 2017/2018, 2018/2019 dan 2019/2020. Musim 2020/2021, Costa dipinjamkan ke Bayern, dan ia sekali lagi membantu Die Roten menjuarai Bundesliga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here