Resmi, Borussia Dortmund Pecat Marco Rose

0
50

Debatbola.com – Borussia Dortmund baru saja menunjuk Marco Rose sebagai pelatih mereka pada awal musim kemarin. Tetapi baru saja, klub Jerman mengkonfirmasi kepergian mantan juru taktik Borussia Mönchengladbach itu. Rose dipecat setelah manajemen menilai performanya kurang layak dipertahankan.

Proyek Gagal Diselesaikan
Tanggal 1 Juli 2021, atau tepat saat pergantian musim 2021/2022, Borussia Dortmund mengkonfirmasi kedatangan Marco Rose. Rose kala itu dilibatkan dalam proyek yang cukup ambisius. Tujuan utamanya tentu adalah menjegal dominasi Bayern München di tanah Panzer.

Sayang, berbagai proyek ambisius Borussia Dortmund yang dilimpahkan kepada Rose rupanya gagal diselesaikan dengan baik oleh sang pelatih. Musim ini, tak ada satupun gelar yang berhasil dipersembahkan untuk Die Borussen. Borussia Dortmund bahkan kalah lagi dalam perburuan gelar Liga Jerman.

Klasemen akhir menunjukkan Borussia Dortmund mengoleksi 69 angka dari 34 pertandingan yang dimainkan. Sementara sang kampiun Bayern München mengemas 77 poin, delapan poin lebih banyak. Die Borussen juga kalah tiga kali dari tujuh laga pamungkas Liga Jerman.

Di kompetisi Eropa, kiprah pasukan Rose tidak bisa dibilang bagus, dengan Die Borussen tersingkir di fase gugur Liga Eropa. Borussia Dortmund takluk dengan agregat 6-4 di tangan finalis Rangers. Sementara di DFB Pokal, perjuangan Borussia Dortmund terhenti di 16 besar.

Resmi Berpisah
Rentetan hasil minor membuat jajaran klub memanggil Rose dan mengadakan pertemuan darurat pada Jumat (20/5) waktu setempat. Dalam pertemuan tersebut, ternyata disepakati satu hal. Rose bakal dicopot dari jabatannya, dan tidak akan melatih Borussia Dortmund mulai musim depan.

Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh pihak Borussia Dortmund melalui laman website resmi mereka. Lewat pernyataan tersebut, dipahami bahwa jajaran dewan sudah mengevaluasi performa Rose sejak Kamis (19/5). Hingga akhirnya dibuatlah keputusan untuk menghentikan kerjasama dengan sang pelatih.

“Klub Jerman Borussia Dortmund dan Marco Rose mengumumkan akhir kerjasama mereka.” Tulis pernyataan tersebut. “Ini adalah hasil dari analisis performa semusim yang dilakukan pada Kamis (19/5). Ada Rose, Hans-Joachim Watzke, Sebastian, Kehl Michael Zorc, dan Matthias Sammer.”

“Seluruh jajaran manajemen Borussia Dortmund ingin berterimakasih kepada Marco Rose atas semua kerja kerasnya, komitmennya dan kepercayaannya. Lalu, klub juga berharap yang terbaik untuk Rose. Baik dalam hal pribadi, maupun karirnya di bidang olahraga selanjutnya.”

Pihak Borussia Dortmund juga bisa mengonfirmasi bahwa para asisten Rose seperti Alexander Zickler, René Marić dan Patrick Eibenberger bakal ikut pergi. Ucapan terimakasih juga diberikan buat keempatnya. Lalu, klub menyatakan akan mengumumkan struktur kepelatihan baru dalam beberapa hari ke depan.

Perpisahan Berat
CEO Borussia Dortmund, Hans-Joachim Watzke mengaku ada kesedihan di balik keputusannya mencopot Rose. Rose pun merasa sedih dirinya harus meninggalkan Borussia Dortmund. Padahal ia begitu yakin Die Borussen bakal temukan jalan lebih baik di musim 2022/2023 nanti.

“Hari ini bukanlah hari yang baik buat kita semua karena kami masih saling menghormati.” Kata Watzke melansir via Daily Mail. “Setelah musim berakhir, ada ketidakpuasan untuk berbagai alasan. Kami sadar kami tak bisa memanfaatkan mayoritas peluang kami di berbagai area.”

“Meski musim ini berjalan buruk, saya yakin dengan jalan yang kami lalui.” Papar Rose menanggapi pemecatannya. “Saya pikir, segala hal yang menjadi penyebab kesalahan kami sudah tidak ada lagi. Tapi pada akhirnya, kami memutuskan untuk mengakhiri kerjasama ini.”

Mengutip laman Transfermarkt, semenjak menangani Borussia Dortmund, Rose telah memainkan 46 pertandingan. 27 kemenangan telah ia kumpulkan, dengan menelan 15 kekalahan. Rata-rata poin yang didapat Rose hanyalah di angka 1,85 poin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here