RB Leipzig Juara DFB Pokal Usai Tumbangkan Freiburg Lewat Adu Penalti

0
65

Debatbola.com – RB Leipzig akhirnya berhasil menjuarai kompetisi DFB Pokal setelah mengalahkan Freiburg melalui drama adu penalti yang selesai dengan skor 2:4. Pertandingan berlangsung Minggu (22/5/2022) dini hari WIB di Stadion Olympiastadion Berlin.

Babak Pertama, Freiburg Unggul Satu Gol
Pada kompetisi DFB Pokal musim 2021/2022 kali ini, Freiburg benar-benar layak menyandang label sebagai tim kuda hitam. Sebab tim besutan dari Christian Streich ini mampu mengalahkan tim kuat lainnya dan masuk ke babak final. Kini kesempatan untuk meraih gelar juara sudah di depan mata.

Sejak menit awal laga babak pertama dimulai, Freiburg berusaha untuk menguasai bola lebih banyak. Akan tetapi RB Leipzig yang juga memiliki ambisi untuk menang tidak mau mengalah sedikitpun. Akhirnya jual beli serangan antara kedua kesebelasan tidak bisa terhindarkan.

Memasuki menit ke-14 RB Leipzig sempat mendapatkan peluang emas lebih dulu melalui aksi Emil Forsberg. Akan tetapi sepakannya masih mampu diamankan oleh penjaga gawang Freiburg, Mark Flekken. Terlalu sibuk menyerang ternyata membuat RB Leipzig lengah dan membuat mereka kebobolan.

Pada menit ke-19 Freiburg berhasil memecahkan skor telur lebih dulu melalui gol dari Maximilian Eggestein. Peter Gulacsi yang gagal melakukan penyelamatan akhirnya memungut bola dari dalam gawangnya sendiri. Skor kemudian berubah menjadi 1:0 dan akhirnya bertahan sampai waktu di babak pertama habis.

Babak Kedua, RB Leipzig Kejar Ketertinggalan
Memainkan laga di babak kedua, skuad Die Roten Bullen –julukan RB Leipzig- berusaha tampil lebih menggigit. Mereka sangat berambisi untuk segera menyamakan kedudukan setelah kebobolan di laga paruh pertama. Namun kokohnya benteng pertahanan Freiburg membuat para penyerang RB Leipzig kewalahan.

Pada menit ke-55 RB Leipzig mendapatkan sebuah petaka setelah Marcel Halstenberg diganjar kartu merah oleh hakim pertandingan karena dianggap melakukan pelanggaran terlalu keras. Alhasil RB Leipzig harus melanjutkan laga dengan 10 pemain tersisa.

Memasuki menit ke-76 serangan mengejutkan yang dibangun para pemain RB Leipzig akhirnya membuahkan hasil manis. Christopher Nkunku berhasil mencetak gol gol penyeimbang dan merubah papan skor menjadi 1:1. Gol ini sempat membuat asa menang mereka kian berkobar.

Setelah mencoba berbagi usaha mencetak gol, kedua kubu nampak kembali menemui jalan buntu. Akhirnya 90 menit laga berjalan harus berakhir dengan skor 1:1. Situasi ini kemudian memaksa kedua kubu untuk melanjutkan duel sampai di babak tambahan ekstra.

RB Leipzig Menang Lewat Penalti
Selama 15 menit perpanjangan waktu bagian pertama, Freiburg nyaris kembali unggul. Sayangnya tendangan dari Vincenzo Grifo masih terlalu lemah dan berhasil diamankan oleh Peter Gulacsi. Sementara itu di menit ke-118 RB Leipzig nyaris mendapatkan peluang emas dari titik putih.

Saat itu Dani Olmo terlihat jatuh di dalam kotak penalti setelah adu badan dengan salah satu pemain bertahan Freiburg. Akan tetapi wasit tidak memberikan hadiah penalti karena rekaman VAR menunjukkan tidak ada pelanggaran yang terjadi dan laga kembali bergulir.

Setelah menuntaskan duel dua kali 15 menit, skor 1:1 masih saja tidak berubah. Mau tidak mau kedua tim harus menuntaskan pertandingan melalui drama adu penalti. Kedua kubu kemudian menyiapkan lima penendang terbaik yang dimiliki.

Hasil akhirnya kemudian keluar setelah beberapa saat melakukan adu penalti. Dari empat tendangan yang diambil masing-masing tim, dua tendangan dari pemain Freiburg menemui kegagalan. Akhirnya RB Leipzig dinyatakan keluar sebagai pemenang di kompetisi DFB Pokal musim ini dengan skor akhir penalti 2:4.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here