Rasisme Terjadi Lagi, Laga FA Cup Geger atas Insiden Neil Etheridge

0
142

Debatbola.com – Kiper Birmingham Neil Etheridge merasa tidak nyaman setelah melaporkan dugaan insiden rasis dalam pertandingan Piala FA hari Sabtu kemarin menghadapi Blackburn Rovers. Etheridge melaporkan terjadinya insiden rasisme kepada wasit Keith Stroud setelah Jordan James mencetak gol penyeimbang untuk Birmingham di waktu tambahan saat bermain imbang 2-2 dengan Blackburn di Ewood Park.

Stroud menunda restart dan berbicara dengan pelatih kepala, bos Birmingham John Eustace mengungkapkan bagaimana penjaga gawang internasional Filipina tampak kecewa setelah pertandingan. Pemain timnas Filiphina tersebut dilecehkan secara rasial. Dalam sepakbola tidak ada ruang untuk rasismen bagi siapapun. Kekecewaan itu dialami oleh para pemain Birmingham pada pertandingan Piala FA kemarin.

Wasit akan segera melaporkannya dan tindakan lebih lanjut akan diambil dari sana. Ini masalah yang sangat, sangat serius. Sementara dipihak Blackburn Rovers sudah menyatakan secara resmi bahwa mereka mengetahui kejadian tersebut dan akan segera mengambil tindakan kepada siapapun yang terlibat. Kejadian tersebut diselidiki oleh pihak Blackburn Rovers dan pihak berwajib untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan terjadi.

Ini merupakan masalah yang serius dan harus ditindak lanjuti agar tidak ada lagi yang mengulangi kesalahan besar dalam sepakbola. Kejadian rasisme seringkali terjadi dalam sepakbola, contoh kasus pada Mario Balotelli beberapa tahun yang lalu, yang sempat membuat pemain asal Italia tersebut menangis dengan hinaan yang diterimanya dilapangan. Dibutuhkan penanganan khusus untuk menghadapi masalah ini, jika dibiarkan terus menerus, dunia sepakbola Inggris tidak akan menjadi tempat yang nyaman bagi pemain yang memiliki penampilan fisik yang berbeda dengan kebanyakan orang – orang eropa.

Sementara dari pihak klub sebaiknya membuat kebijakan yang tegas dan tidak pandang bulu kepada pelaku rasisme dan semua jenis pelecehan diskriminasi. Tindakan yang tidak pantas dilakukan oleh para penghuni kiblat sepakbola dunia saat ini. Saat ini semua pihak sedang menyelidiki kasus yang menimpa Neil Etheridge pada pertandingan tersebut. Juru bicara FA pun menyatakan pihaknya sudah mengetahui insiden tersebut dan akan menindaklanjuti bersama pihak berwajib.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here