Ralf Rangnick Jadi Pelatih Permanen Manchester United, Gary Neville Setuju

0
67

Debatbola.com – Perlahan namun pasti, Ralf Rangnick membawa perubahan pada tim yang ia latih, Manchester United. Perbaikan di era Rangnick kabarnya membuat manajemen menghentikan pencarian kandidat pengganti sang pelatih di musim panas. Eks punggawa Setan Merah, Gary Neville pun sepakat jika manajemen benar melakukan hal ini.

Perbaikan Manchester United Oleh Rangnick

Bulan Desember kemarin, Ralf Rangnick datang ke Old Trafford menggantikan jabatan Ole Gunnar Solskjær yang dipecat karena performa yang tak kunjung meningkat. Rangnick awalnya belum bisa membuat Manchester United bersaing di papan atas. Namun, hasil positif beberapa pekan terakhir membuat mereka kini kembali tempati zona Liga Champions.

Di bawah arahan Rangnick, The Sun mencatat bahwa Manchester United mengumpulkan lima kemenangan dari delapan pertandingan Liga Inggris. Tercatat, dari delapan laga tersebut, mereka juga cuma menelan satu kekalahan. Kemenangan terakhir melawan West Ham United membuat Setan Merah kembali bersaing rebutkan tiket Liga Champions.

Semenjak kepergian Sir Alex Ferguson, Manchester United sepertinya menjadi klub yang tidak begitu menakutkan, entah di kancah domestik, maupun kancah internasional. Beberapa orang berpendapat hal ini terjadi karena egoisme para punggawanya. Apa yang dilakukan Rangnick selama ini disebut sudah berhasil memperbaiki egoisme pemain itu.

Manajemen Mulai Percaya Rangnick

Awalnya, Manchester United memang memberi peran Rangnick sebagai pelatih interim alias pelatih sementara sampai musim panas mendatang. Setelah itu, Manchester United akan memberi peran lain, yakni sebagai konsultan tim. Namun, melihat performa tim sejauh ini, manajemen dikabarkan ingin mempermanenkan status sang eks pelatih Leipzig.

Menjelang musim panas, Manchester United memburu beberapa kandidat yang bisa dijadikan suksesor Rangnick manakala pelatih Jerman itu pergi di musim panas. Beberapa kandidat antara lain Brendan Rodgers, Mauricio Pochettino, dan Erik Ten Hag. Tapi menurut The Sun, performa tim saat ini telah membuat manajemen yakin dengan Rangnick.

The Sun melaporkan bahwa perburuan calon pengganti Rangnick kini sudah dihentikan manajemen Setan Merah. Pihak manajemen pun dikabarkan sudah mempersiapkan rencana untuk mempermanenkan status Rangnick. Laporan itu juga menyebut manajemen terinspirasi kisah sukses Liverpool dan Chelsea yang sama-sama dilatih orang Jerman.

Tiket Liga Champions menjadi hal yang sangat krusial menentukan masa depan Rangnick bersama Manchester United. Laporan dari The Sun menambahkan bahwa Liga Champions bakal jadi penentu apakah Rangnick bertahan atau hengkang. Jika Manchester United finish di empat besar, maka Rangnick disebut akan melatih Setan Merah di dua musim selanjutnya.

Gary Neville Setuju

Kabar mengenai berakhirnya perburuan suksesor Rangnick memang belum begitu jelas kebenarannya. Tetapi, jika kabar ini benar, banyak pihak yang sepakat, termasuk mantan pemain Manchester United sendiri, Gary Neville. Neville beranggapan Rangnick telah melakukan hal luar biasa, dan Manchester United sangat layak mempertahankannya.

“Satu hal yang mengejutkan saya adalah sesuatu yang ia katakan di konferensi pers terkait kontraknya. Di situ sudah jelas bahwa dia akan mengambil tugas melatih selama enam bulan sebelum menjadi konsultan tim.” Kata Neville kepada Sky Sports selepas penunjukan Rangnick sebagai pelatih interim Setan Merah.

“Bisa dibilang, tidak banyak pelatih kelas dunia yang bisa memimpin klub selama empat tahun ke depan, dan Rangnick telah menunjukkan hal bagus dalam waktu enam bulan. Sebagai pendukung Manchester United, saya tidak akan menentang pendapat bahwa ia akan bertahan dalam beberapa musim ke depan sebagai pelatih.”

Saat pertama kali ditunjuk, Rangnick sendiri mengungkapkan bahwa tugas dan kontrak awalnya adalah melatih Manchester United selama enam bulan. Tapi, ia terbuka menanggapi kemungkinan datangnya kontrak permanen melatih tim. Jadi, kans Rangnick menjadi pelatih permanen tim masih seperti yang dikehendaki Neville terbuka sangat lebar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here