Rahasia Tendangan Penalti Bruno Fernandes

Debatbola.comBruno Fernandes menjadi penyelamat musim 2019/20 Manchester United. Sejak kedatangannya pada Januari, Man United nyaris tak terkalahkan sepanjang 2020. Bruno sendiri direkrut United dari Sporting Lisbon dengan nilai transfer 80 juta euro.

Bruno Fernandes lantas menyumbang 12 gol dan 8 asis untuk United dari total 22 penampilan. Mayoritas golnya dicetak dari tendangan penalti yang untuk, di mana gelandang asal Portugal tersebut melakukan gerakan melompat satu langkah sebelum menendang bola.

Meski tendangan Bruno tak terlalu keras, semua kiper lawan tak mampu menebak arah dan membendung tendangannya. Menurutnya, tendangan yang ia lepaskan memang bergantung pada arah pergerakan kiper. 

“Aku tak punya rahasia. Aku rasa itu karena aku sangat melatihnya. Aku selalu memerhatikan pergerakan penjaga gawang: bagaimana mereka memosisikan diri, bagaimana cara mereka menghalau tendangan ke gawang dengan sangat baik. Dari situ, dari pertandingan, dari bagaimana perasaanku di lapangan, dari situlah aku menentukan bagaimana aku menendang penalti,” kata Bruno pada UEFA.

“Sebetulnya aku tidak punya teknik khusus dalam menendang penalti. Tidak ada cara yang pasti, aku hanya memikirkan cara yang paling aku nyaman. Kalau aku mengubahnya sesering mungkin, mungkin itu akan membuat kiper jadi tak pasti. Aku akan mengubah cara aku berlari berdasarkan perasaanku di pertandingan.”

Mengenai impak besarnya terhadap permainan United, Bruno pun merasa dirinya tidak punya persiapan atau perlakuan khusus. Baginya, ia hanya bermain mengikuti instingnya dan berusaha bermain seperti biasanya ketika ia berseragam Lisbon.

“Itu insting. Selama bertahun-tahun, karena posisiku saat bermain, aku mengembangkan kemampuanku untuk bergerak maju dan melihat ke depan. Ketika kami kehilangan bola, aku berusaha menjadi pemain pertama yang bereaksi dan memanggil para pemain depan untuk membantuk agar kembali menguasai bola.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here