Quique Settien Rersmi Melatih Barcelona

Debatbola.com – Hasil kurang memuaskan yang didapat Ernesto Valverde di Piala Super Spanyol menjadi berkah tersendiri bagi Quique Settien. Didepaknya Valverde dari kursi pelatih Barcelona membuat Quique Settien mendapatkan kesempatan melatih klub sebesar Barcelona.

Dalam karier kepelatihannya, Settien belum pernah sekalipun menangani klub besar. Klub “terbesar” yang dilatih Settien hanyalah Real Betis. Sisanya klub-klub tak populer macam Las Palmas, Lugo, Racing Santander, dan tiga klub tak terkenal lainnya. 

Tapi berkat ketekunannya memegang prinsip permainan Johan Cruyff, seorang legenda Barcelona, Settien akhirnya dilirik Barcelona. Meski tidak pernah mengangkat piala dalam karier kepelatihannya, ideologi yang dimilikinya diharapkan bisa mengembalikan ciri khas permainan Barca yang diwariskan Cruyff.

Settien tak menyangka kini ia jadi pelatih Barcelona. Meski begitu, ia siap mengemban tugas berat dan tuntutan yang tinggi dari manajemen dan suporter Barcelona.

“Tentu aku ingin berterimakasih pada institusi ini untuk kesempatan yang mereka berikan untukku berada di sini,” ujar Settien pada konferensi pers pertamanya sebagai pelatih Barca. “Tidak pernah terbayangkan, bahkan dalam mimpi terliarku, hal seperti ini. Aku adalah orang yang paling emosional hari ini dan ini jadi hari paling spesial buatku.”

Di Barca, Settien yakin bahwa dirinya bisa menularkan semangat yang ia miliki pada para pemain Barca. Baginya bukan hal yang sulit untuk membuat para pemain asuhannya bisa bermain dengan semangat juang yang tinggi dan permainan yang sesuai dengan harapannya.

“Aku antusias dengan proyek ini dan tugas terbesar adalah aku harus menyampaikan kepada para pemain, bahwa itu semua akan tergantung para pemain. Aku harus bisa menularkan ambisi, antusiasme, kemauan untuk menang, kepercayaan diri yang aku miliki sekarang. Itu bukan hal yang sulit untuk dilakukan olehku,” ujar Settien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here