Qatar Tuan Rumah yang Malang

0
22
Qatar Tuan Rumah yang Malang

Debatbola.com – Qatar terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 pada dua belas tahun silam. Setelah ajang empat tahunan tersebut berhasil digelar di Afrika Selatan, FiFA merilis beberapa negara yang menjadi kandidat tuan rumah ditahun 2022 nanti. Akhirnya dengan berbagai pertimbangan Qatar terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia dua belas tahun kemudian.

Pada tahun 2014 menjadi tahunnya Brazil sebagai tuan rumah Piala Dunia dan berlanjut diajang Olimpiade dua tahun kemdudian. Piala Dunia Brazil adalah momen timnas Jerman menjuarai kompetisi sepak bola bergengsi diseluruh dunia. Pada edisi berikutnya berlangsung di Rusia, kali ini tuan rumah Rusia harus kalah dibabak 16 besar. Prancis berhasil menjadi Juara pertama setelah menang atas Kroasia dilaga final.

Tiga Piala Dunia sebelumnya selalu digelar pada bulan Juni dan Juli. Karena pada bulan tersebut kompetisi liga diliburkan, selain itu musim panas dieropa menjadi pertimbangan digelarnya Piala Dunia. Sedangkan diPiala Dunia edisi Qatar kali ini diadakan dibulan November dan Desember. Hal itu menghindari musim panas yang ada dinegara Qatar dibulan Juni dan Juli. Panas suhu didua bulan tersebut bisa mencapai 40° Celsius. Sehingga Piala Dunia kali ini diadakan dibulan November dan Desember.

Setelah berjuang mendapatkan tiket sebagai tuan rumah, Qatar harus menyiapkan Venue untuk menunjang fasilitas yang memenuhi standar FIFA. Sejak 2018 lalu, proyek-proyek besar dibangun diQatar untuk memenuhi target ditahun 2022 menjadi tuan rumah Piala Dunia. Akhirnya pada November tahun ini Qatar berhasil menyelesaikan proyek tersebut dengan sempurna.

Pada laga awal menghadapi Ekuador, sempat diisukan bahwa delapan pemain Ekuador disuap agar mengalah untuk menghadapi tuan rumah Qatar. Ternyata isu tersebut tidak benar, Qatar benar-benar kewalahan menghadapi Ekuador pada pertandingan pembuka grup A pada hari minggu 20 November 2022 lalu. Nasib malang menimpa timnas Qatar karena harus mengalami kekalahan dilaga pembuka Piala Dunia 2022 ini.

Qatar menjadi tuan rumah pertama yang mengalami kekalahan dilaga pembuka. Sebelumnya Brazil dilaga pembuka Piala Dunia 2014 berhasil menang atas lawannya Kroasia dengan skor 3 : 1. Selanjutnya Rusia ketika menjadi tuan rumah juga berhasil menang dilaga pembukaan dengan skor 5 : 0 atas Arab Saudi. Sayangnya Qatar harus mengalami kekalahan perdana dikeikutsertaannya diPiala Dunia kali ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here