Publik Heboh Timnas Israel Lolos Piala Dunia U-20, Begini Respon PSSI Dan Pemerintah

0
42

Debatbola.com – Indonesia menjadi tuan rumah dari salah satu kompetisi besar di tahun depan tepatnya Piala Dunia U-20 di tahun 2023. Satu persatu Timnas yang lolos dalam Piala Dunia itu mulai terungkap. Namun yang menjadi sorotan adalah lolosnya Timnas Israel di kompetisi tersebut.

Timnas Israel memastikan diri lolos dengan status semifinalis melalui jalur Piala Eropa U-19 tahun 2020 ini. Israel menyusul Tim Eropa lainnya yang sudah lolos sebelumnya yaitu Inggris, Perancis, Italia serta satu pemenang Play Off. Lolosnya Israel dalam kompetisi tersebut tentu saja menjadi permasalahan sendiri untuk Indonesia.

Bisakah Ke Indonesia?

Kepastian mengenai Timnas Israel yang lolos di Piala Dunia U-20 yang bertempat di Indonesia tersebut membuat khawatir banyak pihak. Hal tersebut dikarenakan antara pemerintah Indonesia dan Israel tidak menjalin hubungan diplomatik. Dikhawatirkan akan menyebabkan polemik antara pemerintah maupun masyarakat Indonesia.

Hingga kini agresi Israel ke Palestina yang terus berlanjut memang menyebabkan kecaman yang dilakukan oleh banyak pihak. Indonesia sendiri termasuk negara yang mendukung Palestina dalam konflik yang terjadi antara dua negara tersebut. Karena hal itulah Indonesia menolak adanya hubungan diplomatik dengan Israel.

Dengan lolosnya Israel ke Piala Dunia U-20, tentu akan menjadi masalah bagi Indonesia. Mengijinkan Israel masuk ke Indonesia tentu bertentangan dengan berbagai pihak termasuk UUD 1945 dan juga ketetapan presiden-presiden sebelumnya. Belum lagi masyarakat Indonesia sebagian besar menolak kedatangan Israel pada Piala Dunia nanti.

Respon PSSI Dan Pemerintah

Berdasarkan situasi tersebut, publik akhirnya bertanya langsung kepada pihak PSSI. Namun respon PSSI sangat santai dan tidak mempermasalahkan persoalan politik tersebut. Menurut PSSI, hubungan politik antara kedua negara itu tidak ada kaitannya dengan sepak bola.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Sekjen PSSI yang kini dijabat oleh Yunus Nusi pada tanggal 27 Juni kemarin. Menurut Yunus Nusi, sudah ada persetujuan dari pemerintah sejak tahun lalu mengenai permasalahan tersebut. Siapapun yang lolos, pemerintah mengijinkan Tim dari negeri itu untuk datang.

Begitu juga dengan Israel yang ternyata telah dibahas pada pertemuan terakhir kali dengan pemerintah. Karena hal itulah PSSI tetap akan mengakomodasi meskipun yang datang nantinya adalah Israel. PSSI tidak akan membedakan tim yang datang ke Indonesia dalam rangka kompetisi Piala Dunia U-20 itu.

Hal serupa juga dikatakan oleh Zainudin Amali yang saat ini menjabat sebagai Menpora. Bahkan menurut Zainudin, kemungkinan lolosnya Israel di Piala Dunia 2023 bahkan sudah dibahas oleh pihak pemerintah sejak 3 tahun lalu. Zainudin juga menambahkan jika tidak boleh mencampurkan politik dan sepak bola.

Kementerian Luar Negeri yang diwakili oleh Teuku Faizasyah juga tidak mempermasalahkan hal tersebut lantaran bukan Indonesia yang mengundang. Dalam kompetisi besar seperti Piala Dunia, Indonesia hanya berperan sebagai tuan rumah sedangkan FIFA yang menjadi pengundang. Karena hal itulah keamanan Timnas Israel selama berada di Indonesia tetap akan terjamin.

Ketika ditanya mengenai bisa tidaknya pemain Israel masuk ke Indonesia, Teuku Faizasyah enggan memberikan keterangan lebih lanjut. Pasalnya ada proses keimigrasian yang harus diurus sebelum ijin memasuki wilayah dikeluarkan. Namun jika melihat dari acara IPU beberapa waktu lalu, perwakilan dari Israel bisa mengikuti acara yang diselenggarakan di Bali itu.

Efek Penolakan

Dipastikannya Israel lolos ke Piala Dunia yang akan diselenggarakan di Indonesia tentu saja menuai beragam komentar. Sebagian besar tentu saja menolak kedatangan Israel yang memang memiliki hubungan buruk dengan Indonesia. Namun Indonesia tidak akan bisa menolak kedatangan Israel yang sudah dipastikan lolos seleksi oleh FIFA.

Sebelumnya, pihak FIFA juga sudah memberikan penjelasan sebelum persetujuan sebagai tuan rumah disanggupi oleh Indonesia. FIFA mengharuskan siapapun yang lolos harus diijinkan datang dan bermain di Indonesia. Karena hal itulah Indonesia tidak bisa melarang karena bisa kena sanksi dari FIFA.

Penolakan terhadap Israel yang dinyatakan lolos di Piala Dunia U-20 akan berbuntut panjang. Indonesia akan kehilangan kepercayaan dari lembaga olahraga Internasional dan berpotensi di banned. Jika ingin olahraga Indonesia maju, Indonesia harus menunjukkan diri sebagai tuan rumah yang baik dan menyambut seluruh tim yang datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here